Sleman – Pemerintah Kapanewon Moyudan bekerja sama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Sleman menyelenggarakan Sosialisasi dan Pembinaan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) dalam lingkup kapanewon dan kalurahan di Ruang Rapat Kapanewon Moyudan, Selasa (9/11/2021).

Pardjono, Panewu Anom Moyudan mengatakan bahwa sosialisasi dan pembinaan ini dilakukan agar para petugas PPID, baik di kapanewon maupun kalurahan dapat lebih memahami masing-masing tugas dan fungsinya.

Ia juga berharap agar pembinaan yang dilakukan ini dapat dijadikan semangat oleh kapanewon dan kalurahan dalam memberikan pelayanan informasi bagi masyarakat, terutama informasi tentang wisata, kuliner, maupun UMKM yang ada di Kapanewon Moyudan.

“Agar bisa diakses melalui berbagai kanal dan bisa tersebarluaskan, sehingga mampu meningkatkan ekonomi masyarakat Kapanewon Moyudan ke depannya,” ungkap Pardjono.

Pembinaan sendiri menghadirkan Sukarjo, Kepala Seksi Pengelolaan Informasi Publik (PIP) Diskominfo Sleman dan Almara Jati Nuralin, Staf Seksi PIP sebagai narasumber.

Dalam kesempatan tersebut, Almara memaparkan beberapa tugas dan fungsi utama PPID dalam memberikan pelayanan informasi bagi masyarakat.

“PPID menjadi tempat layanan yang disediakan Pemerintah Kabupaten Sleman. Salah satu fungsinya adalah sebagai layanan permohonan (informasi) untuk masyarakat,” ujar Almara.

Ia juga menerangkan beberapa hal yang berkaitan denga PPID, seperti cara mencari informasi yang dibutuhkan, cara mengajukan permohonan, serta kinerja masing-masing PPID yang dilihat di kanal informasi masing-masing kapanewon dan kalurahan.

Sementara itu, Sukarjo berharap pembinaan yang dilakukan ini dapat dipahami oleh para peserta yang terbilang baru menjabat sebagai petugas PPID di kapanewon dan kalurahan, sehingga dapat melayani kebutuhan informasi untuk masyarakat.

“(Berharap) agar PPID kapanewon dan kalurahan (dapat) lebih giat dalam menyampaikan informasi bagi publik,” tutupnya. (Rep Tsalsa)