Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Sleman kembali menyelenggarakan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Pengelolaan Pengaduan SP4N-Lapor! dan Lapor Sleman Triwulan IV Tahun 2021 di Aula Lantai 3 Sekretariat Daerah Kabupaten Sleman pada Jumat (24/12/2021).

Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik, Noor Hidayati ZP memaparkan perkembangan Pengelolaan Pengaduan SP4N-Lapor! dan Lapor Sleman yang diterima oleh Diskominfo Kabupaten Sleman. Seperti jumlah aduan yang diterima paling banyak di kanal instagram Kabar Sleman, jumlah dan presentase aduan yang diterima dari setiap instansi dan kapanewon se-Kabupaten Sleman, serta jumlah dan presentase kinerja pejabat penghubung perangkat daerah.

“Semoga ke depannya kita bisa bekerja sama lebih baik lagi,” ucap Noor Hidayati.

Dalam kesempatan tersebut Kepala Diskominfo Sleman, Eka Suryo Prihantoro mengatakan di tahun 2022 nanti Diskominfo Sleman akan menambahkan jumlah pejabat penghubung yang semula 51 orang akan menjadi 53 orang. Hal itu dilakukan sebagai langkah untuk mengantisipasi banyaknya aduan yang masuk di beberapa OPD, seperti Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPUPKP).

“Sehingga, kedua dinas tersebut akan memiliki 2 orang Pejabat Penghubung. Dikarenakan jumlah aduan yang masuk ke Dinkes sangat tinggi semenjak Pandemi COVID-19, dan aduan terkait insfrastruktur jalan juga menjadi keluhan masyarakat yang paling banyak,” ujar Eka.

Eka juga mengatakan bahwa Diskominfo Sleman juga telah menyediakan anggaran bagi Pejabat Penghubung Pengelola Pengaduan Lapor Sleman dan SP4N Lapor!.

Selain itu, Diskominfo juga telah menyediakan Dashboard bagi Bupati untuk memantau kemajuan penyelesaian aduan di Kabupaten Sleman, serta akan meningkatkan kapasitas Pejabat Penghubung Pengelola Pengaduan Lapor Sleman dan SP4N Lapor! melalui penyelenggaraan bimbingan teknis (bimtek).

Terakhir, Eka menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas dedikasi Pejabat Penghubung yang telah berkontribusi dalam melayani keluhan warga Kabupaten Sleman. “Semoga segala lelah menjadi ibadah dan berkah bagi kita semua,” ucap Eka. (Rep Tsaltsa)