Apakah IFTTT itu?

Dalam websitenya “IFTTT is a free platform that helps you do more with all your apps and devices” atau jika diterjemahkan “IFTTT adalah platform gratis yang membantu Anda berbuat lebih banyak dengan semua aplikasi dan perangkat Anda”. Artinya kita bisa melakukan sesuatu dari aplikasi satu ke aplikasi lain ataupun ke perangkat tertentu.

Dengan IFTTT kita bisa melakukan publikasi otomatis ke media sosial dari website yang kita punyai. Ketika website mempunyai artikel terbaru yang sudah dipublikasikan, maka secara otomatis akan dipublikasikan pula di sosial media yang sudah dikoneksikan melalui IFTTT.

IFTTT bisa kita akses melalui ifttt.com. IFTTT memiliki banyak pengaturan yang bisa digunakan. Cara kerjanya adalah menentukan kondisi awal sebagai rujukan untuk diproses ke kondisi akhir. Dimana kondisi awal adalah sebuah keadaan dimana aplikasi ‘x’ (aplikasi yang dipilih) mengalami sesuatu, akan kita teruskan ke aplikasi ‘y’ (sebagai kondisi akhir).

Rumus :

Jika A maka B

A adalah kondisi awal dan B kondisi akhir

Contoh ilustrasi dari WordPress ke Twitter

Ada website wordpres yang ingin selalu otomatis terupdate ke twitter jika ada artikel baru. Maka : Jika ada artikel baru maka posting ke twitter.

Cara Menggunakan

Untuk bisa menggunakan fitur IFTTT, kita bisa mendaftar terlebih dahulu ke ifttt.com . Setelah berhasil, kemudian kita memilih menu My Applet kemudian pilih New Applet.

Pada bagian ini akan ditampilkan tampilan If this then that.

Kemudian kita klik this. Dan kita pilih service yang akan kita gunakan sebagai kondisi awal. Misalkan WordPress. Selanjutnya disesuaikan dengan fitur yang disediakan oleh IFTTT, sampai dengan memberikan informasi detail website wordpress milik kita, termasuk detail login.

Setelah menentukan kondisi awal maka tulisan this tadi akan berubah menjadi logo WordPress yang menandakan kondisi awal sudah ditentukan.

Maka kita klik tulisan that, dan lakukan seperti langkah sebelumnya.

Misal kita pillih twitter sebagai kondisi akhir. Setelah kita save, kita sudah punya sebuah applet yang akan dijalankanjika di wordpress ada artikel baru akan dipublish pula di twitter.

Lebih detil bisa lihat gambar berikut :

This slideshow requires JavaScript.