Media Center Sleman masuk peringkat 10 besar kategori Media Center teraktif dalam kategori pengiriman foto se-Indonesia. Prestasi tersebut diumumkan dalam acara Bimtek Peningkatan Kapasitas SDM Media Center Daerah Kementerian Kominfo RI di Hotel Amarossa Bogor, Rabu (13/2/2019).

Selain mendapat peringkat ke-8 dalam kategori foto, salah satu foto dari Media Center Sleman juga memperoleh penghargaan Foto Terbaik II kategori Pelayanan Publik. Penghargaan kedua ini diserahkan langsung oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Kominfo, Rosarita Niken Widiastuti kepada Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Kominfo Sleman, Noor Hidayati Zakiyah Pramulani, Kamis (14/2/2019).

Dalam sambutannya, Sekretaris Jenderal Kementerian Kominfo, Rosarita Niken Widiastuti menyampaikan terkait penyebaran informasi publik yang wajib dilakukan oleh setiap daerah. Selain bersifat informatif dan edukasi, informasi pemerintah wajib diketahui publik khususnya menyangkut kebijakan, program, dan kemajuan pembangunan.

“Maka mari mulai hari ini, tidak saja informasi daerah yang terdistribusi di pusat tapi informasi pusat harus terdistribusi ke masyarakat yang ada di daerah,” tandas wanita yang akrab disapa Niken ini.
Niken membeberkan, Kemkominfo tahun ini mulai menyiapkan skema untuk distribusi informasi pemerintah. Salah satunya dengan memanfaatkan Jaringan Pemberitaan Pemerintah (JPP), portal informasi infopublik.id, indonesiabaik.id, dan indonesia.go.id.

“Jadi pengelola media center di daerah baik oleh Dinas Kominfo maupun Humas Pemda bisa memanfaatkan semua jenis informasi yang ada baik itu berita, foto, video, dan infografis untuk didistribusikan di media internal pemerintah daerah,” jelas Niken.

Pihaknya juga berencana untuk memberikan penghargaan bagi media center daerah yang dipandang berkontribusi untuk mendukung program tersebut.

Sementara itu, Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Kominfo Sleman, Noor Hidayati, memberikan tanggapannya atas keberhasilan yang diraih oleh Media Center Sleman ini. Ia mengatakan keberhasilan ini merupakan hasil kerja keras banyak pihak, khususnya kerjasama yang baik dari tim Media Center Sleman dalam upaya mengirim foto seluruh kegiatan Pemerintah Kabupaten Sleman ke portal berita infopublik.id. Pun, tidak kalah penting adalah dukungan penggiat Kelompok Informasi Masyarakat atas peran aktifnya memberikan kontribusi foto.

“Semoga prestasi ini dapat menjadi motivasi ke depannya sehingga diharapkan Media Center Sleman bisa lebih aktif lagi dalam menyebarkan informasi dari Pemerintah Kabupaten Sleman baik itu berupa foto maupun berita dan semoga dapat memeroleh prestasi yang lebih baik lagi untuk tahun berikutnya,” tambah Ida.