Pada Event Sleman Innovative Fashion and Craft 2019, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sleman mengadakan Talkshow dengan tema “Desa Kreatif Cerdas 4.0,” di Jogja City Mall, Mlati, Sleman, Rabu (4/9/2019).

Dalam kesempatan ini Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika, Purwati menjadi salah satu narasumber.

Tema Desa Kreatif Cerdas ini bertujuan untuk mendorong masyarakat agar memanfaatkan teknologi yang berkembang dan mengembangkan industri kreatif di era Revolusi Industri ke 4.0.

Saat memberikan paparan, Purwati menjelaskan, bahwa Sleman Smart Regency dan Revolusi Industri 4.0 bahwa masyarakat cerdas tidak hanya mengandalkan teknologi tetapi juga memanfaatkan semua yang ada. “Pada revolusi industri ke 4 ini umkm harus mulai bergerak, kreativitas juga perlu ditingkatkan melalui marketplace atau situs jual beli yang menjadi pengumpul gerai – gerai online,” jelas Purwati.

Hal ini guna mendorong terwujudkan visi Sleman Smart Regency yaitu terwujudnya masyarakat Sleman yang lebih sejahtera, mandiri, berbudaya, dan terintegrasinya sistem e-Government menuju Smart Regency atau Kabupaten cerdas.

Purwati menambahkan agar teknologi berupa smartphone yang dimiliki masyarakat tepat guna, pihaknya akan melakukan survei tentang tingkat penggunaan smartphone berkaitan dengan budaya interaksi.

“Karena smartphone bisa membuat yang jauh menjadi dekat, dan yang dekat menjadi jauh,” imbuh Purwati.

Talkshow ini dihadiri juga oleh Wakil Ketua Dekranasda Kabupaten Sleman, Pimpinan PT Gama Semesta Konsultindo, dan Pimpinan BPD DIY Cabang Sleman. (rep Dias)