Pemerintah Kabupaten Sleman menyelenggarakan berbagai kegiatan yang melibatkan partisipasi masyarakat dalam rangka menyemarakkan Hari Jadi ke-102 Kabupaten Sleman. Salah satu kegiatan tersebut adalah Lomba Vlog (Video Blog).

Pemerintah Kabupaten Sleman melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Sleman menggelar Lomba Vlog ini dari tanggal 30 April hingga 13 Mei 2018. Mengangkat tema Cerita Slemanku, lomba dibuka untuk masyarakat umum.

Kepala Dinas Kominfo Sleman, Intriati Yudatiningsih mengemukakan bahwa kegiatan lomba ini terbuka bagi semua warga masyarakat yang tinggal di Kabupaten Sleman yang ingin menunjukkan kepedulian dan rasa cinta terhadap Kabupaten Sleman. “Kami ingin peserta lomba mengenal lebih dalam Kabupaten Sleman dan berpartisipasi di Kabupaten Sleman,” ucap Intri di sela-sela pengumuman hasil Lomba Vlog, Selasa (15/5) di Sleman Creative Space, Condong Catur.

Intri melihat peserta Lomba Vlog kali ini didominasi oleh anak-anak muda. Oleh karena itu, ia berharap Lomba Vlog mampu mengajak anak-anak muda tahu tentang kondisi Sleman. “Jadi nanti Sleman juga bisa terkenal berkat anak-anak muda ini,” tambahnya.

Menurut Intri, Lomba Vlog ini hanya salah satu kegiatan dari Pemkab Sleman yang bertujuan untuk membangkitkan kreativitas anak muda. “Saya berharap anak-anak muda ini dapat memanfaatkan kepintarannya sehingga ke depan kepintaran dan kreativitas anak-anak muda ini dapat dimanfaatkan untuk membangun negara,” pesan Intri.

Sementara itu, Cicilia Lusiani, Kepala Seksi Pengelolaan Informasi Publik Dinas Kominfo yang sekaligus bertindak sebagai juri dalam Lomba Vlog ini berterimakasih kepada para peserta lomba yang telah berpartisipasi. “Sampai dengan batas waktu yang ditentukan, peserta Lomba Vlog sebanyak 48 orang atau vlog. Ini luar biasa mengingat dua hari sebelum pelaksanaannya ditutup baru ada dua vlog yang masuk,” beber Lusi.

Lusi menambahkan 48 vlog tersebut sudah diseleksi mulai dari ketepatan konten yang harus berisi pesan positif terkait potensi Kabupaten Sleman hingga ketepatan format caption video yang dikirim. “Jadi ada beberapa yang bagus tapi pengumpulannya melebihi batas waktu sehingga tetap harus gugur dalam penjurian,” ungkapnya.

Peserta lomba memperebutkan uang tunai total senilai 7 juta rupiah dan sertifikat penghargaan dari Pemkab Sleman. Juara 1 diperoleh oleh akun Instagram @sopirtleser dengan judul vlog “Sleman – Wisata Seribu Candi”. Juara 2 didapatkan oleh akun Instagram @freddy_cahbagoes dengan judul vlog “Jalan-jalan ke Sleman (JJS)”, dan Juara 3 dengan akun Instagram @aamaliafauziah yang mengumpulkan karya vlog berjudul “Sleman Kaya Budaya”. Akun @aamaliafauziah juga berhak terpilih sebagai juara favorit warganet sebab memeroleh jumlah like terbanyak per pukul 12.00, 15 Mei 2018, yakni sebanyak 2451 like.