Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sleman menerima kunjungan kerja dari Sekretariat Daerah Kab. Kutai Kartanegara pada Jumat (1/7/2022). Rombongan tersebut diterima langsung oleh Sekretaris Dinas Kominfo Sleman, Purwati di Smart Room Dinas Kominfo.

Ismed, Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Kutai Kartanegara memberikan maksud dan tujuannya pada kunjungannya. Pada kunjungan tersebut ia membahas mengenai penerapan pelayanan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) yang ada di Kabupaten Sleman beserta hal-hal penunjangnya.

“Kami bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan merupakan merupakan bagian dari Sekretariat Daerah dengan salah satu tugas fungsinya adalah terkait dengan PPID Pelaksana. Maka pada hari ini kami bertujuan untuk belajar banyak ilmu dari Diskominfo Sleman,” jelas Ismed.

Noor Hidayati ZP, selaku Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfo Sleman menjelaskan mengenai regulasi PPID yang ada Perda tentang keterbukaan informasi publik. Hal tersebut diatur pada Peraturan Daerah Kabupaten Sleman Nomor 19 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Keterbukaan Informasi Publik. “Kami juga melakukan Monev secara bulanan, kemudian kami sampaikan setiap 3 bulan sekali,” ujar Noor.

Dari Monev tersebut kemudian dikumpulkan perangkat daerah yang belum memuaskan dengan kategori “Cukup Informatif”, “Kurang Informatif”, dan “Tidak Informatif” agar di evaluasi mengenai kendala yang dihadapi.

Kemudian mengenai anggaran terdapat anggaran tersendiri di setiap perangkat daerah. “Kita minta untuk masing-masing perangkat daerah untuk menganggarkan, sehingga tim anggaran sudah tahu peruntukannya ini untuk apa. Selanjutnya ketika perangkat daerah mengusulkan ada anggaran terkait dengan kebutuhan maka dapat disetujui,” jelas Noor.

Selanjutnya mengenai PPID desa, Noor menjelaskan bahwa terdapat 86 desa tetapi baru 44 desa yang membentuk PPID. “Sehingga kominfo juga mesih terus berusaha untuk menggerakan program tersebut ke desa yang belum membentuk PPID,” ujar Noor. (Rep Ivan)