Konsep smart library tengah dikenalkan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman kepada siswa SD dan SMP di Kabupaten Sleman. Smart library yang berhubungan erat dengan teknologi informasi ini mendorong Dinas Perpusarsip Sleman menjadikan Sleman Smart Room Dinas Kominfo Sleman sebagai salah satu obyek kunjungan dalam program Kunjung Wisata Pustaka.

Hari Kamis (12/12/2019) merupakan kesempatan bagi SMP N 2 Ngaglik Sleman, mengenal teknologi informasi melalui Sleman Smart Room. Sejumlah 60 siswa dari kelas 7 diajak untuk mengenal fungsi Sleman Smart Room, belajar tentang wilayah Kabupaten Sleman, dan mempraktekkan proses telekonferensi.

Ratih Wulandari, Pustakawan Dinas Perpusarsip Kabupaten Sleman mengatakan dibawanya siswa-siswa ini ke Sleman Smart Room tak lain karena Sleman Smart Room adalah salah satu pusat sumber informasi wilayah Kabupaten Sleman. “Belajar itu bisa di mana saja karena wilayah Sleman ini sangat luas tidak banyak anak-anak yang di daerah-daerah tahu persis keadaan yang ada di wilayah mereka, jadi ini salah satu untuk pembelajaran mereka,” ucap Ratih.

Varel Arfinanda, salah satu siswa pun merasakan kunjungan ini bermanfaat bagi dirinya, terutama terkait kemajuan teknologi informasi yang disuguhkan. Tak hanya itu, ke depan Varel juga berkomitmen untuk mengaplikasikan pengetahuan yang didapat hari ini di kehidupan sehari-harinya.

“Jadi kita harus bisa memanfaatkan kemajuan teknologi ini dengan baik sesuai dengan kemajuan zaman,” ungkap Varel.