Masyarakat wajib mendistribusikan informasi berdasarkan fakta sehingga dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya. Ini ditekankan oleh Atik, seorang jurnalis surat kabar lokal Yogyakarta di sela-sela workshop penulisan kreatif pada anggota Kelompok Informasi Masyarakat, Jumat (13/7).

KIM memiliki peranan penting dalam menyebarkan informasi sebab keberadaan KIM ada di hampir semua lapisan masyarakat. Diungkapkan Atik, KIM bisa menjadi panjang tangan pemerintah dalam diseminasi informasi terkait dengan program maupun kebijakan pemerintah.

“Oleh karena itu, perlu melakukan koreksi informasi terlebih dulu sebelum disampaikan ke khalayak umum,” ucap Atik menggarisbawahi hal yang perlu dilakukan oleh setiap anggota KIM.

Bertempat di Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Sidomulyo, Godean, acara temu para penggiat KIM tingkat kecamatan dan desa ini digagas oleh Dinas Kominfo Sleman. Selain menghadirkan narasumber yang berkompeten di bidang jurnalistik, Dinas Kominfo Sleman juga mengundang pakar media sosial, Iqbal Aji Daryono.

Iqbal menghimbau agar anggota KIM bisa menata moral dalam bermedia sosial, artinya KIM harus cerdas, kritis, serta berperan sebagai aktor.
“Dan yang terpenting dapat menyajikan informasi yang berat menjadi bacaan ringan sehingga mudah dipahami pembaca,” ujar Iqbal.