Kecamatan Godean sedang berupaya melakukan perbaikan pada layanan informasi publik, utamanya melalui website. Demikian disampaikan Sekretaris Camat Godean, Harsowasono, saat membuka Pembinaan Penulisan Konten Website, Rabu (11/9/2019) di Ruang Rapat Kecamatan Godean.

Pembinaan ini disampaikan Harsowasono mengundang Dinas Kominfo Sleman sebagai narasumber.

“Idealnya setiap seksi harus ditunjuk sebagai pengisi konten, jadi setiap ada kegiatan di seksi itu nanti bisa dibuat kontennya dan diupload akan tetapi di sini ada keterbatasan pengelola,” ungkap Harsowasono.

Selain personel pengelola, kemampuan menulis konten juga menjadi hambatan bagi Kecamatan Godean. Oleh karena itu, pembinaan ini diharapkan Harsowasono bisa menambah pengetahuan para pegawai Kecamatan Godean yang nantinya ditunjuk.

“Kalau sudah bisa membuat konten kan nanti bisa untuk update pelayanan ktp, hanya saja sekarang belum tahu cara membahasakan informasi untuk masyarakat,” tukasnya.

Hal ini ditanggapi oleh Yudiarto Setiawan, Kepala Seksi Pengelolaan Informasi Publik Dinas Kominfo Sleman yang mengatakan bahwa menyusun konten sebenarnya bukanlah hal yang rumit. Akan tetapi, instansi pemerintah seringkali terjebak pada berita seremonial.

“Seremonial pimpinan, hanya memberitakan kinerja pimpinan saja, ini kan untuk masyarakat kurang menarik ya,” tutur Yudi.

Ini menurut Yudi karena berita dari instansi pemerintah cenderung bukan memakai sudut pandang pembaca atau masyarakat.

Yudi menambahkan pembuat konten seharusnya punya strategi untuk menghasilkan konten yang laik baca.

“Yang jelas harus ada 5W+1H, fokus berita, dan kutipan narasumber tapi ada baiknya berita juga mengandung unsur 3E 1N, yakni Empowering, Enlightment, Education dan Nationalism,” imbuhnya.

Tak lupa Yudi mengimbau untuk para pengelola konten agar membuat tulisan yang singkat dan padat sehingga pembaca yang tidak memiliki banyak waktu baca memahami pesan yang ingin disampaikan.