Pengamanan Data dan Informasi pada era siber terus menerus digali dan didiskusikan bersama para petugas sandi, salah satunya dalam pertemuan rutin Forum Komunikasi Persandian Daerah (Forkomsanda) DIY, Rabu (29/01/2020) di Pantai Mesra, Ngrawe, Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul.

Kegiatan ini diikuti oleh Dinas Kominfo Kabupaten/Kota se-DIY, Perwira Sandi jajaran TNI, Polri dan Kejaksaan, serta anggota bersama purna sandi DIY.

Dalam kesempatan tersebut Trihastono, Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kota Yogyakarta sekaligus salah satu narasumber dalam pertemuan Forkomsanda menyampaikan bahwa semakin besar dan kompleks organisasi maka semakin besar dan semakin kompleks pula program keamanan siber yang harus dilakukan.

“Diperlukan upaya pengamanan yang bijaksana dalam pengamanan data dan informasi karena data saat ini merupakan aset yang memiliki nilai tinggi dan strategis,” lanjut Trihastono.

Selain Trihastono, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi DIY, Roni Primanto Hari juga menjadi narasumber Forkomsanda dengan materi Keamanan Siber.

Roni memaparkan program yang sudah dan akan dilakukan oleh Pemprov DIY terkait pengamanan siber mulai dari tingkat petugas sandi, proses, dan teknologi yang digunakan.

Langkah awal yang dilakukan menurut Roni tentunya sosialisasi keamanan siber untuk ASN dan publik, dilanjutkan penguatan berbagai dokumen pendukung berupa sertifikasi ISO 27001 maupun SOP keamanan informasi.

“Langkah terakhir yaitu testing, pemanfaatan dan optimalisasi perangkat pengamanan informasi yang dikelola Pemprov DIY,” lanjutnya.

Acara diakhiri dengan diskusi dan tanya jawab terkait Keamanan Data dan Informasi.