Sleman –Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) RI melakukan kunjungan ke Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Sleman, Jumat (22/12). Kunjungan ini dihadiri oleh Mimin Dwi Hartono sebagai Kepala Bagian Pendidikan dan Penyuluhan serta lima Eselon V Komnas HAM RI. Dalam kunjungannya, Komnas HAM bermaksud ingin menggali wawasan terkait aplikasi layanan pemerintahan yang dikembangkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman.

Eka Suryo Prihantoro selaku Sekretaris Dinas Kominfo Sleman pun memaparkan mengenai substansi penggunaan aplikasi layanan publik dan pemerintahan guna memudahkan kinerja Pemkab Sleman.

“Paparan ini juga telah kita lakukan ke setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD-red) yang akan menggunakan dan mempelajari tentang aplikasi yang sudah dikembangkan oleh Sleman” cerita Eka.

Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Kominfo Sleman, Noor Hidayati Zakiyah Pramulani menambahkan bahwa Sleman memiliki 46 aplikasi layanan yang terdiri dari aplikasi layanan publik dan aplikasi layanan pemerintahan. 46 aplikasi ini sudah ada pada server dan dapat diakses oleh setiap OPD.

“Website atau subdomain sudah kami atur agar mudah diakses sehingga memudahkan publik untuk mengadu dengan tidak harus datang langsung ke kantor dan itu akan kita pantau seberapa keaktifannya di masing-masing OPD,” tambah Ida.

Eka menimpali kembali, untuk memaksimalkan penggunaan aplikasi layanan ini, Dinas Kominfo Sleman melakukan berbagai upaya. “Jadi kita ke OPD-OPD untuk memberikan edukasi dan kita sudah mulai membuat OPD percaya itu dengan cara memberikan contoh yang sudah kita laksanakan, ada websitenya dan mobile apps. Untuk internal kita mulai dulu dari kepegawaian sehingga semua instansi-instansi di bawah itu dapat mengakses,” terang Eka.