Bertempat di Ruang Rapat Sekretaris Daerah lantai 3, Selasa (29/09/2020), Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengumumkan pemenang Lomba Pertunjukan Rakyat (Pertunra) yang telah diikuti oleh Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) dari berbagai kapanewon se-Kabupaten Sleman.

Salah satu fungsi KIM yaitu untuk melestarikan dan memperkenalkan budaya pada masyarakat. Berbeda dengan tahun sebelumnya yang diselenggarakan secara offline, Pertunra tahun ini diselenggarakan dengan cara mengirimkan video mengingat sedang masa pandemi Covid-19.

Purwati, Sekretaris Dinas Kominfo Sleman berharap melalui hasil karya yang masuk dalam lomba ini dapat menjadi salah satu alat komunikasi kepada masyarakat.

“Hasil karyanya menjadi bagian interaksi kepada masyarakat itu sendiri,” imbuh Purwati.

Lomba Pertunra ini memiliki 5 pemenang yaitu juara pertama diraih oleh KIM Donoharjo, juara kedua diraih oleh KIM Gamping, juara ketiga diraih oleh KIM Tempel, selanjutnya juara harapan diraih oleh KIM Margoluwih, dan yang terakhir adalah juara terfavorit diraih oleh KIM Prambanan. Hadiah total yang diraih oleh para pemenang senilai Rp 25 juta. Penyerahan hadiah dilakukan oleh Arif Haryono selaku Asisten Sekretaris Daerah Bidang Administrasi Umum Kabupaten Sleman.

Sebelum kegiatan pengumuman pemenang dan pemberian hadiah ini dilaksanakan, Dinas Kominfo Sleman juga mengadakan dua sosialisasi yaitu sosialisasi Perbup Nomor 37.1 tahun 2020 yang membahas tentang penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19 yang dibawakan oleh Susmiarto dari Tim Satpol PP. Kemudian sosialisasi pengenalan singkat program pendamping jurnalistik untuk KIM yang dibawakan oleh Narayana dan Ida Dewi selaku Dosen UII Yogyakarta. (Rep Gasing)