Dinas Kominfo Sleman ingin meningkatkan partisipasi desa dalam memberikan informasi publik pada masyarakat. Hal ini dikatakan Purwati, Sekretaris Dinas Kominfo Sleman ketika berkunjung ke Dinas Kominfo Kulon Progo, Kamis (15/8/2019).

Kunjungan ini diutarakan Purwati memiliki tujuan yang jelas, yakni ingin belajar sekaligus berdiskusi tentang PPID Desa di Kulon Progo dan regulasinya.

“Fokus utama kami belajar tentang pengelolaan informasi publik di 87 desa di Kulon Progo yang mana semua PPID desanya sudah terbentuk,” beber Purwati.

Sebanyak 8 personel dari Dinas Kominfo Sleman disambut kehadirannya oleh Kepala Bidang Informasi Komunikasi Publik dan Statistika (IKPS), Sigit Purnomo, dan Kepala Seksi Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik (PIKP), Heri Budisantosa.

Menanggapi maksud dari Dinas Kominfo Sleman, Sigit Purnomo menjelaskan bahwa pihaknya berupaya agar PPID dapat terbentuk di setiap desa di Kulon Progo.

Dikatakannya, meski sifat dari PPID masih minimalis yakni hanya berbekal keputusan dari kepala desa namun secara general PPID Desa di Kulon Progo sudah memiliki Surat Keputusan (SK) dan Peraturan Bupati (Perbup).

“Pada Januari 2019 kami membuat Peraturan Bupati lalu membuat Perbup nomor 5/2019 tentang SLIP Desa dan layanan informasi desa kemudian kami sosialisasikan dengan Perbup tersebut,” ujar Sigit.