Sleman – Dalam rangka pengembangan dan peningkatan pemanfaatan media pertunjukan sebagai saluran media komunikasi dan diseminasi informasi, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sleman menyelenggarakan kegiatan “Lomba Pertunjukan Rakyat (Petunra) bagi Kelompok Informasi Masyarakat se-Kabupaten Sleman Tahun 2022 pada Minggu (26/6/2022).

Diselenggarakan di Gedung Kesenian Kabupaten Sleman, Petunra tahun 2022 ini diikuti oleh 7 Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) yaitu KIM Depok (Kapanewon Depok), KIM Ceria (Kapanewon Pakem), KIM Kertomandiri (Kapanewon Turi), KIM Lumintu (Kapanewon Ngemplak), KIM Donoharjo (Kapanewon Ngaglik), KIM Sumber Biwara (Kapanewon Moyudan), dan KIM Pararta Guna (Kapanewon Gamping).

Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfo Sleman, Noor Hidayati ZP menuturkan bahwa tema yang diambil pada Petunra ini adalah topik yang berhubungan dengan perkembangan teknologi dan informasi modern, seperti Wifi Padukuhan, TV Digital, Melindungi Anak dari Kekerasan Jalanan, dan Perlindungan Data Pribadi.

“Mengingat semenjak tahun 2020 kegiatan pementasan tersebut tidak diselenggarakan akibat COVID-19, diharapkan dengan lomba pertunjukkan ini dapat menjadi penyemangat dalam memulai lagi kegiatan seni tradisional yang serupa. Hal tersebut bertujuan agar dapat menjadikan seni tradisional tidak hanya sebagai media hiburan, tetapi juga menyosialisasikan program-program pemerintah, dan juga melestarikan seni tradisional yang ada di Sleman,” kata Noor Hidayati.

Sementara itu, Eka Suryo Prihantoro, Kepala Diskominfo Sleman dengan pelaksanaan Petunra ini dapat terus mendorong masyarakat untuk selalu melestarikan seni dan budaya agar dapat selalu menjaga identitas sebagai masyarakat Sleman.

“Perkembangan teknologi informasi adalah suatu keniscayaan, akan tetapi budaya dan tradisi adalah sesuatu yang perlu kita uri-uri dan lestarikan karena membawa nilai-nilai baik yang akan selalu berguna pada zaman se-modern apapun,” ungkapnya.

Eka juga mengucapkan terima kasih kepada Panewu dan Lurah yang telah memfasilitasi kegiatan KIM di tingkat Kapanewon dan Kalurahan. Tanpa kerja sama yang dilakukan tentu saja program-program yang dilakukan akan sulit untuk direalisasikan.

“Kemitraan antara KIM dan pemerintah ini yang kita harapkan dapat terus berjalan dan saling memberi manfaat, yang pada muaranya adalah terwujudnya masyarakat Sleman yang Cerdas sesuai visi misi Bupati Sleman 2021-2024,” tutup Eka. (Rep Ivan)