Sleman – Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sleman mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) mengenai pengelolaan website yang diikuti oleh perwakilan perangkat daerah Pemkab Sleman, pada Kamis (6/8/2020). Acara yang diselenggarakan di Laboratorium Komputer Dinas Kominfo Sleman tersebut, diadakan untuk memberikan pengarahan kepada setiap perwakilan perangkat daerah mengenai tata cara membuat website yang informatif dan berkualitas. Materi yang diajarkan berupa pembuatan desain website yang menarik, mengunggah konten secara aktual, hingga cara pengelolaan website suatu instansi agar interaktif.

Bimtek mengenai pengelolaan website ini diusulkan oleh Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Sleman, setelah melihat masih banyaknya website instansi kedinasan yang memberikan jeda terlalu lama dalam mengunggah berita maupun informasi. Ada pula instansi yang dirasa memiliki potensi konten yang menarik, namun tidak memiliki SDM yang mumpuni dalam mengelola website tersebut.

Oleh karena itu, Kominfo berkontribusi dalam memberikan pelatihan pengelolaan website ini pada SDM yang ada. Output dari Bimtek ini diharapkan nantinya peserta mampu mengunggah berita Organisasi Pemerintah Derah (OPD) yang lebih baik lagi serta membuat suatu mekanisme agar mampu menyuplai berita kegiatan OPD secara rutin dan berkesinambungan.

Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Kominfo Sleman, Noor Hidayati Zakiyah Pramulani menjelaskan bahwa agar tujuan pelaksanaan Bimtek ini berjalan sesuai rencana, Kominfo secara berkala akan memberikan evaluasi dan memantau bagaimana perkembangan dari instansi yang hadir dalam pengelolaan website mereka.

“Setelah pelaksanaan bimtek ini, dilakukan monitoring dari Kominfo, hal ini memberikan dampak positif terhadap meningkatnya keaktifan suatu instansi yang telah mengikuti pelatihan ini,” tutur wanita yang biasa disapa Ida ini.

Ida juga menyebutkan bahwa terdapat 23 peserta yang masing-masing merupakan perwakilan perangkat daerah yang ada di Sleman. Daftar peserta bimtek ini juga direkomendasikan oleh BKPP dengan mempertimbangkan instansi mana yang membutuhkannya selaku pengusul pelatihan.

Kemudian pada sesi kedua, acara pelatihan disambung sosialisasi PPID yang disampaikan oleh Agastya Dedy Kusuma, Staf Seksi Pengelolaan Informasi Publik. Sosialisasi yang disampaikan berisi tentang bagaimana cara pengoperasionalan e-PPID sehingga dapat maksimal dalam menyajikan informasi pada masyarakat tanpa menyulitkan pengelola atau admin dari setiap instansi dalam memperbarui informasi. (Rep Tia/Ami)