Sleman — Difabel merupakan kondisi seseorang yang bermasalah dengan struktur atau organ tubuh seperti, kecacatan yang mengakibatkan adanya batasan fungsional yang berkaitan dengan aktivitas penderitanya. Difabel juga lebih mengacu pada keterbatasan peran dalam kehidupan sehari-harinya di dalam masyarakat. Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Sleman melalui Dinas Kominfo Sleman mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Digital Marketing bagi Difabel untuk berkontribusi dan memberikan dukungan secara nyata agar Difabel, khususnya di wilayah Sleman dapat lebih berdaya saing dan memiliki keterampilan tambahan, yaitu dalam bidang Pemasaran Digital Online.

Acara tersebut diselenggarakan selama 2 hari berturut-turut yaitu pada hari Selasa (21/9/2020) dan Rabu (22/09/2020) di Kantor Kapanewon Depok, Sleman. Jumlah peserta pada masing-masing angkatan sebanyak 50 orang.

Panewu Depok, Abu Bakar menyampaikan bahwa bimtek ini merupakan upaya menggerakkan UKM di tengah pandemi ini agar roda perekonomian masyarakat tetap terjaga.

“Dengan segala kemudahan yang ada saat ini seperti sosial media, seharusnya dapat dimaksimalkan dan dimanfaatkan dengan baik, semoga bimtek ini dapat bermanfaat bagi kita semua,” ujar Abu.

Abu bahkan memberi peluang untuk adanya bimtek dengan materi berbeda ke depannya.

“Bimtek dengan materi seperti fotografi, videografi, dan jurnalistik untuk menambah ilmu masyarakat dalam hal pemasaran produk,” imbuhnya.

Tim Teknis Bidang e-Government Dinas Kominfo Sleman, Susilo Adi pun menyampaikan materi seputar pemasaran berbasis media online.

Susilo memaparkan secara detail sehingga dapat langsung dipraktikkan, diantaranya adalah bagaimana perkembangan pemasaran modern saat ini, kelebihan apa saja yang didapat apabila menggunakan metode pemasaran online, bagaimana membranding produk dengan logo, hal-hal apa saja yang harus dicantumkan pada kemasan produk, syarat dan ketentuan dalam pemasaran online, istilah-istilah dalam pemasaran online hingga platform atau sosial media apa saja yang dapat dimanfaatkan untuk pemasaran online beserta cara penggunaannya. (Rep Ami)