Sleman, InfoPublik – Pasca ujian tulis yang berlangsung Kamis (30/3), Diskominfo Sleman kembali melanjutkan proses rekrutmen pegawai non PNS pada Selasa (11/4), bertempat di Diskominfo, Jalan Prasamya, Sleman, dan tes berlangsung sejak pukul 09.00 WIB.

Peserta tes yang terdiri dari lima kategori posisi mengawali rangkaian tes dengan proses pengantrian nomor peserta. Selanjutnya, peserta dari kelima posisi jabatan dipersilakan menunggu hingga petugas siap memulai tes wawancara.

Dari kategori posisi PPB IKP, atau Petugas Peliputan Berita, terdapat enam peserta tes yang siap menghadapi tes wawancara. Masing-masing peserta, setidaknya melewati proses wawancara selama 30 menit dengan dipandu oleh Bagian Pengadaan Dinkominfo dan user.

Salah satu peserta tes, Elizabeth, lulusan Komunikasi UGM 2008, menyampaikan mengenai bagaimana proses wawancara berlangsung. “Bapak-ibunya santai kok, aku malah disuruh jangan tegang,” ungkap wanita yang akrab disapa Bebeth ini.

Dalam wawancara singkatnya, Bebeth yang mendapat urutan kedua untuk diwawancara ini juga mengaku awalnya merasa belum melakukan persiapan apapun sebelum tes. “Iya, tadi jawabnya belepotan apalagi waktu ditanya smart regency,” lanjut Bebeth.

Seleksi wawancara ini, merupakan sarana yang digunakan user untuk mengenal lebih dekat bagaimana calon pegawai serta kesiapannya saat nanti menempati posisi Petugas Peliputan Berita.

Saat wawancara berlangsung, pewawancara pun dibekali panduan sebelum melakukan wawancara sehingga pertanyaan yang dilontarkan dapat menjawab kebutuhan dari user.

Selanjutnya, masih di lokasi yang sama, usai tes wawancara, keenam peserta rekrutmen dihadapkan pada tes berikutnya, yakni tes praktik. Berbeda dengan tes wawancara yang hanya memakan waktu 30 menit untuk setiap peserta tes, tes praktik diadakan secara bersamaan dengan waktu 60 menit.

Setiap peserta diberi keleluasaan memilih salah satu jenis tes praktik sesuai dengan minat dan kemampuan. Dibekali dengan satu unit komputer, peserta diperbolehkan memulai saat sudah siap dan mengakhiri sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Hasil dari rangkaian tes ini kemudian akan diumumkan kembali oleh Diskominfo, pada hari Selasa, 18 April 2017, di website resmi Kabupaten Sleman. (***/MC Sleman/toeb)