Dalam mendukung pembangunan Sleman Smart Regency, Dinas Kominfo Kabupaten Sleman rajin mendorong warga agar membentuk KIM (Kelompok Informasi Masyarakat). KIM merupakan lembaga komunikasi masyarakat yang dibentuk dan dikelola dari, oleh, dan untuk masyarakat. Saat ini telah terdapat 35 KIM di Kabupaten Sleman salah satunya adalah KIM Godean. Untuk memberikan semangat kembali pada KIM Godean, Dinas Kominfo Sleman mengadakan acara sosialisasi di Ruang Rapat Kecamatan Godean, pada Kamis (17/10/2019).

Noor Hidayati selaku Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik dalam acara tersebut memberikan pemaparan bahwa tugas inti sebagai anggota KIM adalah mengumpulkan, mengolah, dan menyebarkan informasi kepada masyarakat yang bisa melalui kelompok masyarakat yang sudah ada seperti kelompok PKK, Ronda, Tani, dan Karang Taruna. Peran KIM selain sebagai mitra Kominfo Sleman dalam menyebarluaskan kebijakan pemerintah juga sebagai pelancar arus informasi dari masyarakat ke pemerintah.

“KIM yang sekarang itu tidak melulu hanya memberikan informasi apa yang menjadi kebijakan pemerintah tetapi juga mewartakan apa yang terjadi di sekitar bapak ibu semua atau kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat Godean, bisa acara Karang Taruna, ibu-ibu PKK, UKM, pembuatan keripik welut, dan lain sebagainya,” ungkap Noor Hidayati.

Noor Hidayati juga menyampaikan agar anggota KIM jangan takut untuk menulis berita yang terpenting bisa memenuhi kaidah ADIKSIMBA (Apa, Dimana, Kapan, Siapa, Mengapa, dan Bagaimana). Selain itu berita yang ditulis merupakan berita positif yang mendidik, bisa memberikan inspirasi, tidak mengandung provokasi, serta bukan hoaks. Berita-berita tersebut akan dikirim dan diunggah melalui laman Media Center Sleman setelah diolah terlebih dahulu oleh bagian redaktur.

Noor Hidayati juga berpesan bahwa mudahnya mendapatkan informasi pada zaman sekarang ini menjadi tantangan bagi siapa saja dikarenakan sulit membedakan antara berita yang benar dan hoaks. “Maka dari itu, menjadi tugas dan tanggung jawab kita semua untuk memberikan informasi yang benar kepada masyarakat,” pungkas Noor Hidayati.(Rep Anis)