Minggir –Kecamatan Minggir memiliki beragam potensi yang dapat dipopulerkan melalui Kelompok Informasi Masyarakat (KIM). KIM menjadi wadah yang bertindak menyebarluaskan berita seputar kegiatan masyarakat, potensi-potensi desa yang terkandung di dalamnya, serta penangkal berita bohong.

Noor Hidayati, Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Kominfo Sleman memaparkan bahwa KIM lebih mementingkan berita-berita yang baik, “bukan berita-berita kriminal, atau politik. Berita itu harus ada 3E plus 1N, satu adalah edukasi artinya bahwa berita itu mengedukasikan masyarakat, enlightment artinya berita itu menjadi inspirasi, empowering artinya bisa mendorong masyarakat untuk lebih berdaya, dan yang keempat 1 N itu nasionalism artinya memang berita itu memperkuat nasionalisme kita, mempererat persatuan diantara kita,” ujar Noor Hidayati saat memberikan sosialisasi dan pembinaan KIM di Kantor Kecamatan Minggir, Jumat, (6/7/2019).

Agar dapat menerapkannya secara matang, butuh penjelasan serta pemahaman lebih dalam kepada masyarakat setempat mengenai tugas dan fungsi KIM, serta bagaimana prosedur pemberitaan di dalamnya, agar masyarakat sama-sama tergerak menghidupkan Kelompok Informasi Masyarakat tersebut.

Noor Hidayati menyontohkan bentuk inspirasi berita yang dimuat melalui KIM ialah pemberitaan mengenai pemanfaatan bonggol jagung menjadi karya seni, dimana kreasi tersebut merupakan hasil karya cipta dari warga kecamatan Minggir, yang kemudian karena kekhasannya itu salah satu program acara di stasiun swasta nasional mengangkat atau memberitakan kembali berita tersebut ke layar kaca, dengan mendatangi dan mewawancarai langsung sang pengerajin. Hal ini tentu saja memberikan dampak positif kepada masyarakat Minggir, sehingga di kecamatan Minggir ini perlu untuk ditingkatkan kembali partisipasi dari para penggiat KIM itu sendiri.

Hal ini sesuai dengan motif dari keberadaan KIM yang merupakan lembaga komunikasi sosial yang dikelola secara mandiri dari, oleh, dan untuk masyarakat. Oleh karenanya harapan ke depan dengan berdiri dan aktifnya KIM Minggir ini diharapkan terus mewartakan segala peristiwa yang terjadi, bukan saja peristiwa tetapi pesan-pesan yang disampaikan dapat melalui metode lainnya seperti pentas seni atau drama yang diselenggarakan pada momen-momen tertentu, yang pada intinya melalui metode tersebut terdapat pesan positif yang disampaikan kepada masyarakat. (Rep Bilqis)