Ngemplak – Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Sleman bersama Pemerintah Kecamatan Ngemplak menggelar sosialisasi dan pembentukan KIM (Kelompok Informasi Masyarakat) Desa Sindumartani di Balai Desa Sindumartani, Kamis (19/3/2020). Sosialisasi ini dihadiri perangkat desa dan tokoh masyarakat.

Dosen Universitas Negeri Yogyakarta, Minta Harsana selaku narasumber menuturkan tujuan pembentukan KIM adalah untuk membentuk masyarakat menjadi wartawan desa yang menginformasikan tentang kejadian di desa serta mendukung pembangunan Kabupaten Sleman menuju Sleman Smart Regency.

“Yang jelas pemberitaan sebuah informasi harus detail dan harus sesuai dengan kejadian yang dialami,” ujarnya.
Minta Harsana juga mengatakan bahwa Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) dari Kecamatan Ngemplak yang sebelumnya telah terbentuk bernama Lumintu, yang artinya terus menerus tidak pernah berhenti.

“Harapan saya forum yang dibentuk di desa di Kecamatan Ngemplak ini juga dapat lumintu terus,” ujarnya.

Sementara itu Yudiarto, Kepala Seksi Pengelolaan Informasi Publik Dinas Kominfo Sleman memaparkan bahwa Dinas Kominfo Sleman merupakan pembina bagi Kelompok Informasi Masyarakat se-kabupaten Sleman.

“Intinya dari pembentukan KIM ini sebagai jejaring suatu informasi, baik dari kabupaten ke desa maupun dari desa naik ke kabupaten. Harapannya dalam lima desa di Kecamatan Ngemplak ini bisa terbentuk sehingga informasi dari kabupaten, kecamatan, sampai desa semuanya bisa sinergis,” tuturnya.

Yudiarto menambahkan bahwa Dinas Kominfo Sleman ingin fokus memberikan pelatihan-pelatihan jurnalistik terhadap rekan-rekan KIM.

“Dari 86 desa baru 17 desa KIMnya sudah aktif. Jadi memang berat tetapi inilah nantinya yang akan menjadi saluran kita untuk menyebar informasi,” imbuhnya. (Rep Septyan)