Ngaglik – Pemerintah Kalurahan Sukoharjo membentuk dan mengukuhkan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) mereka di Kantor Kalurahan Sukoharjo, Kapanewon Ngaglik, Kabupaten Sleman, Kamis (17/12/2020).

Carik Kalurahan Sukoharjo, Yuliani, menuturkan bahwa KIM ini sebenarnya sudah terbentuk sejak 2017 lalu tetapi baru ada kelanjutannya lagi pada saat ini. Yuliani berharap pengurus KIM yang baru ini bisa bekerjasama dengan Pemerintah Kalurahan Sukoharjo dalam menyajikan informasi kepada masyarakat. “Harapannya agar semua informasi benar-benar sampai dan diketahui masyarakat Sukoharjo,” tutur Yuliani.

Menurut Yuliani, saat ini website Kalurahan Sukoharjo sedang vakum karena admin sebelumnya mengundurkan diri. Yuliani berharap dengan adanya KIM ini bisa membantu pemerintah kalurahan dalam memproduksi konten berita di website.

Perihal KIM sebagai kontributor berita website ini diamini oleh Yudiarto Setiawan, Kepala Seksi Pengelolaan Informasi Publik Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sleman. Yudiarto menyatakan bahwa KIM memang diharapkan bisa menjadi kontributor utama dalam memproduksi berita di website kalurahan dan kecamatan.

Di kabupaten Sleman, saat ini KIM tingkat Kalurahan baru terbentuk di 25 desa, dari 86 desa yang ada di Kabupaten Sleman. Diungkapkan Yudiarto, karakter KIM ada bermacam-macam. Ada yang bergerak di bidang ekonomi dan UMKM, ada yang kesenian, dan ada yang jurnalistik. “Di Kapanewon Ngaglik ini, paling banyak anggota KIM yang menjadi kontributor berita. Semoga KIM Kalurahan Sukoharjo bisa ikut menjadi kontributor berita di website kalurahan, kapanewon, dan kabupaten,” ujar Yudiarto.

Dalam pemilihan pengurus baru ini, terpilih sebagai ketua adalah Dita Hendri Irawan. Selanjutnya ketua baru akan memilih para pengurus lainnya yang mewakili setiap padukuhan. Pemerintah Kalurahan Sukoharjo pun langsung memfasilitasi para pengurus baru dengan seragam baru.