Kelompok Informasi Masyarakat atau KIM memiliki peranan penting dalam upaya diseminasi informasi kepada masyarakat luas, terutama di Kabupaten Sleman. Hal tersebut disampaikan oleh Yudiarto Setiawan, Kepala Seksi Pengelolaan Informasi Publik Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sleman pada Selasa (30/3/2021) dalam acara Sosialisasi dan Pembinaan Kelompok Informasi Masyarakat Kapanewon Depok di Gedung Sasana Anglocita Tama Kapanewon Depok.

Wakhid Basroni, Panewu Anom Kapanewon Depok, menyambut baik acara tersebut sebagai bagian dari upaya membangkitkan kembali KIM Depok yang sudah vakum selama 2 tahun terakhir. Ia mengharapkan bahwa KIM Depok akan bergairah kembali dalam menyampaikan informasi dan menjadi jembatan dari pemerintah ke masyarakat maupun sebaliknya.

Menurutnya, kehadiran KIM di Kapanewon Depok menjadi penting mengingat bahwa ada keterbatasan pemerintah sementara informasi harus disampaikan kepada masyarakat dengan baik. “Apalagi di Depok dengan berbagai kompleksitas permasalahan dan begitu banyak urusannya,” imbuh Wakhid Basroni.

Wakhid Basroni juga berharap KIM Depok mampu menyampaikan informasi secara lebih berkualitas agar transportasi informasi menjadi lebih optimal di masa yang akan datang.

Sejalan dengan harapan tersebut, Yudiarto Setiawan menyebutkan bahwa semangat utama dari KIM adalah untuk mendorong efektivitas diseminasi informasi kepada masyarakat. Nantinya, KIM juga akan menjadi perpanjangan tangan dari Dinas Kominfo Sleman mengingat bahwa keterbatasan pemerintah yang tidak bisa menjangkau tingkat desa hingga RT dan RW.

“Hingga saat ini, sudah ada 17 KIM di 17 kapanewon dan 23 KIM di tingkat desa di Kabupaten Sleman,” kata Yudiarto Setiawan.

Akan tetapi, masih ada sebagian KIM yang tidak aktif, termasuk salah satunya adalah KIM di Kapanewon Depok. Sehingga, dengan adanya sosialisasi tersebut, diharapkan KIM Depok bisa bangkit dan aktif kembali.

Yudiarto Setiawan juga menyampaikan bahwa portal Media Center Kabupaten Sleman berbeda dari kota dan kabupaten lainnya di mana portal milik Sleman cenderung lebih banyak memberitakan kegiatan masyarakat dibanding kegiatan pemerintah. Maka dari itu, kehadiran KIM Depok sangat diperlukan untuk menyebarluaskan informasi seputar kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat di Kapanewon Depok.

Dalam acara tersebut juga dilakukan pembentukan kepengurusan KIM Depok tahun 2021-2024. Selain itu, para anggota juga diberikan pembekalan berupa pelatihan serta praktik langsung menulis berita yang baik dan benar.