Cangkringan – Kecamatan Cangkringan adalah salah satu basis budaya di Kabupaten Sleman. Ada banyak seni budaya yang tumbuh subur disini seperti misalnya jathilan, karawitan, macapat, ketoprak, campursari, dan wayang kulit.

Hadirnya Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) diharapkan bisa menjadi salah satu media yang mempopulerkan kekayaan budaya di Cangkringan. Ini disampaikan Camat Cangkringan, Suparmono saat mengukuhkan kepengurusan KIM Cangkringan periode 2019-2023 di Griya Sekar Aji, Desa Wukirsari, Kecamatan Cangkringan, Senin (24/6/2019).

“Dunia sekarang ada dalam ponsel yang kita bawa ini, semuanya ada di sini. Yuk kita gerakkan Cangkringan melalui benda ini, karena sekarang media-media sosial sangat efektif (dalam menyampaikan informasi),” ujar Suparmono.

Camat Cangkringan ini juga menambahkan meski komunikasi lewat media sosial sangat mudah, tapi tetap harus ada saatnya bertatap muka. “Tanpa kopi darat, hati kita nggak akan nyambung,” imbuh Suparmana.

Ketua KIM Cangkringan yang baru, Totok Hartanto mengucapkan terimakasih kepada semua pihak atas dukungannya. Pegiat media sosial ini meminta bimbingan para seniornya untuk kemajuan KIM di wilayah Cangkringan. Totok memiliki visi jika selama ini KIM Cangkringan banyak bergerak di bidang kebudayaan berupa karawitan dan macapatan, maka dengan susunan pengurus yang baru mereka akan banyak bergerak dalam pertukaran informasi positif di media sosial. Pemilik akun media sosial dengan ratusan ribu pengikut ini ingin menggunakan teknologi informasi modern untuk mempopulerkan kebudayaan dan kearifan lokal di wilayah Cangkringan.

Pada kesempatan yang sama Ketua Forum KIM Sembada Kabupaten Sleman, Suripto menyampaikan selamat atas pengukuhan KIM Cangkringan. “Semoga dengan adanya KIM bisa membantu masyarakat untuk lebih bijak menggunakan media sosial. Dan yang utama masyarakat akan lebih tahu berbagai kegiatan dan agenda yang ada di wilayah Cangkringan,” tutur Suripto.

Pengukuhan KIM Cangkringan ini dihibur dengan tembang macapat dan keroncong oleh anggota KIM.(KIM Cangkringan/Sumarno/Agas)