Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sleman menerima kunjungan dari SD Muhammadiyah Sleman di Smart Room, Jumat (15/11/2019). Kunjungan dilakukan oleh siswa kelas 5 berjumlah sekitar 90 anak yang dibagi menjadi 2 kloter.

Diawali dengan menampilkan biodata singkat Bupati Sleman Sri Purnomo dan Wakilnya Sri Muslimatun, siswa diajarkan agar mereka lebih mengenal lagi sosok pemimpin daerahnya. Setelah itu para siswa diberikan materi tentang apa itu berita hoaks, ciri-ciri, akibat apabila menyebarkannya, dan bagaimana menyikapinya.

“Maka dari itu anak-anak harus berhati-hati dalam menyebarkan informasi yang diterima, apakah benar atau tidak informasinya bisa bertanya terlebih dahulu kepada bapak dan ibu guru,” pesan Syarifah Thurayyah, Analis Pengaduan Masyarakat Dinas Kominfo yang memandu kunjungan ini.

Untuk menambah wawasan tentang pemanfaatan teknologi, para siswa melalui video diajak untuk melihat bagaimana pembuatan film dan kartun animasi yang dilakukan di Studio Funnymation Sendangadi, Mlati, Sleman. Selain itu mereka juga diperkenalkan bagaimana menggunakan aplikasi augmented painting dan mencari suatu tempat atau daerah menggunakan google earth. Dinas Kominfo juga menyuguhkan film 3D yang dapat dilihat dengan menggunakan kacamata 3D untuk menghibur para siswa.

“Seneng, menarik, seru bisa liat film 3D dinousarus dan main paint, lebih asyik nonton animasi karena lucu, dan pengen lagi (berkunjung kesini),” kesan dari Khurunnida Insyirah dan Hilda Safitri Surayyah perwakilan dari siswa kelas 5.

Reza Arsida Fajri selaku guru IPA dan IPS kelas 5 SD Muhammadiyah Sleman juga menyampaikan kesan pesannya tentang kunjungan tersebut.

“Senang bisa belajar bersama disini tentang teknologi-teknologi yang anak belum pernah liat di sekolahan. Sangat baik sekali, fasilitas dan multimedianya lengkap, pegawai-pegawainya sangat ramah anak, dan anak begitu menikmati pada kunjungan siang hari ini,” ungkapnya.

Reza berharap semoga ke depannya SD Muhammadiyah bisa berkunjung kembali ke Dinas Kominfo dan bisa diagendakan lagi untuk kelas 3, 4, dan 6.(Rep Anis)