Guna meningkatkan keberhasilan pembangunan daerah, pemerintah daerah memiliki kewenangan untuk bekerjasama dengan pihak lain, salah satunya dengan perguruan tinggi.

Atas nama Pemerintah Kabupaten Sleman, Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sleman menjalin kerja sama dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang informasi dan telekomunikasi dengan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Gadjah Mada (UGM).

Bertempat di Smart Room kantor Dinas Kominfo Sleman, dilangsungkan penandatanganan kerja sama antara Dinas Kominfo Sleman dengan FMIPA UGM yang dihadiri oleh Kepala Dinas Kominfo Sleman, dan jajarannya serta Dekan dan Wakil dekan FMIPA UGM, Kamis (3/6/2021).

Eka Suryo Prihantoro selaku Kepala Dinas Kominfo Sleman menyambut baik kolaborasi dalam rangka pemberdayaan sumber daya daerah. Kerja sama kedua belah pihak ini meliputi pengolahan informasi hingga prakter kerja lapangan.

“Adapun kerja sama yang dijalin dalam penyediaan, pengolahan, pemanfaatan, dan atau penyebarluasan data dan informasi. Kedua, survei, pembangunan dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam hal sistem informasi, infrasturktur teknologi informasi, keamanan teknologi informasi dan statistika,” jelasnya.

Kerja sama yang akan terjalin selama tiga tahun tersebut juga meliputi praktek kerja lapangan/magang. Serta pendampingan dan pelatihan bidang informasi dan telekomunikasi kepada masyarakat dalam rangka mewujudkan kabupaten cerdas.

Dengan ditandatangani perjanjian kerja sama ini, Eka berharap dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Kerja sama ini diharapkan dapat meningkatkan pembangunan Kabupaten Sleman secara menyeluruh, khususnya dalam bidang Informasi dan Telekomunikasi sehingga masyarakat menjadi lebih sejahtera dan lebih berdaya, sehingga Pemkab Sleman mampu meraih visi yang telah ditetapkan,” imbaunya.

Sejalan dengan hal tersebut, Triyono selaku Dekan FMIPA UGM turut berharap, melalui kolaborasi ini dapat memperluas kerja sama yang telah dilakukan sebelumnya. Terlebih sumber daya manusia seperti mahasiswa dan dosen pengajar telah siap berkolaborasi dengan Kominfo.

“Semoga nanti bisa lebih banyak lagi yang bisa dikerjakan bersama antara Fakultas MIPA dengan Pemkab Sleman khususnya Kominfo. Sehingga nantinya bisa berhasil guna, berdaya guna menghasilkan sesuatu yang memang kita harapkan bersama,” pungkasnya (Rep Afiqa)