Kota Surabaya telah dikenal sebagai salah satu pelopor yang mengembangkan pelayan emergency call 112. Pelayanan ini secara efektif dilakukan melalui command center yang sebelumnya telah diresmikan Walikota Surabaya pada akhir Juli 2019 lalu. Pelayanan gawat darurat 112 Kota Surabaya dapat diakses 24 jam tanpa beban biaya. Ini tentu merupakan bentuk pelayanan dari Pemerintah Kota Surabaya kepada warganya yang ingin menyampaikan laporan khususnya laporan kebencanaan.

Bagaimana sistem pelayanan gawat darurat ini berjalan dan bagaimana tata laksananya menjadi latar belakang Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sleman menggelar kunjungan ke Pemerintah Kota Surabaya pada Kamis (14/11/2019).

“Kami sengaja datang ke Pemerintah Kota Surabaya ini tidak lain untuk mempelajari sistem yang ada di Command Center. Semoga nanti bisa kita terapkan di tempat kita agar lebih mempermudah pekerjaan kami,” ujar Purwati, Sekretaris Dinas Kominfo Sleman.

Tujuan kunjungan ini ditanggapi baik oleh Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Surabaya, Cahyo Utomo, yang dalam hal ini lebih lanjut menjelaskan terkait pelayanan emergency call 112 di daerahnya.

“Jadi ketika ada warga yang menelepon ke nomor 112 dan menyampaikan laporannya, petugas segera menghubungi OPD terkait untuk segera menindaklanjuti laporan itu dengan menerjunkan petugas ke lokasi,” beber Cahyo Utomo yang menyambut rombongan Sleman di Ruang Rapat Dinas Komunikasi Dan Informatika Kota Surabaya.

Selain mengemukakan proses kerja pelayanan emergency call 112, Cahyo juga mengungkapkan bahwa pelayanan ini berjalan baik tak lain karena adanya sinergi lintas perangkat daerah bahkan lintas instansi. “Dalam hal ini instansi vertikal seperti Kepolisian, PLN, Telkom, ada juga PMI yang secara bersama-sama sinergi membangun pelayanan gawat darurat 112 ini,” ungkapnya.

Ditambahkannya, pelayanan gawat darurat ini menjadi salah satu andalan Pemerintah Kota Surabaya dalam melayani masyarakat mengingat adanya kemauan dari kepala daerah untuk terus mengkoordinasikan dan mensinergikan instansi-instansi tersebut.