Penyuluh Keluarga Berencana (KB) Kecamatan Pakem mengadakan acara Sosialisasi Internet Sehat di Aula Desa Pakembinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Selasa (15/10/2019). Kegiatan ini diikuti oleh para Kader Keluarga Berencana (KB) dari semua desa yang ada di Kecamatan Pakem.

Dalam mendukung keberlangsungan kegiatan, Penyuluh KB Kecamatan Pakem menghadirkan dua pembicara yaitu Ririn Ardhana, Direktur dan Pendiri Ardhana HD & Communication Training. Pembicara selanjutnya yaitu Agastya Dedy Kusuma, Pengolah Data Penyuluhan dan Informasi dari Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Sleman.

Sesi pertama sosialisasi ini diisi oleh Ririn Ardhana, dimana materi yang disampaikan bertujuan untuk meningkatkan integritas para Kader KB sehingga dapat membangun kesadaran dalam berkontribusi bukan hanya sebagai pendukung, tetapi juga proaktif ikut dalam proses perubahan.

Kemudian sesi kedua di paparkan oleh Agastya Dedy Kusuma dari Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sleman mengenai internet sehat dalam membentuk keluarga yang tangguh dan sejahtera. Agastya memberikan penjelasan terkait sisi positif dan negatif berinternet. “Internet, ketika digunakan secara positif, selain sebagai sarana mendapatkan informasi, hiburan dan pendidikan, ia juga bisa menjadi inspirasi keberhasilan bagi penggunanya” jelas Agastya.

Selain itu, Agastya juga menghimbau kepada para kader sebagai orangtua tentang dampak negatif dari internet juga bagaimana tantangan mereka dalam mengawasi aktivitas online anak-anaknya. Menurutnya, kemudahan akses internet dan kebebasan online menjadi salah satu tantangan orangtua dalam mengawasi anak.

Terakhir, Agastya membagikan tips menjaga anak agar tetap aman di dunia maya, misalnya orangtua wajib mengenali dunia online anak agar dapat tetap bisa terhubung, membatasi jam online anak untuk menghindarkannya dari kecanduan internet, mengajarkannya menjaga privasi dan yang paling penting adalah menjadi sahabat dan pendengar yang baik untuk anak. (Rep Purnama)