Dinas Komunikasi dan Informatika Sleman kembali mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Subdomain Website OPD. Kali ini peserta merupakan admin dari semua kecamatan di Kabupaten Sleman yang berjumlah 17 kecamatan.

Pengelolaan website OPD terutama kecamatan dipilih Dinas Kominfo Sleman sebagai langkah awal untuk menyelaraskan menu, baik layanan kecamatan maupun informasi publik yang sesuai dengan kaidah PPID.

Petugas pengelola website di kecamatan bisa berstatus PNS Kecamatan maupun tenaga khusus yang direkrut untuk mengelola website, itu tergantung kebijakan di masing-masing kecamatan. Terkait konten website, kecamatan pun diharapkan dapat mengunggah laporan tahunan karena hal tersebut termasuk dalam informasi publik. Demikian disampaikan Dedy Dwi Cahyono, Kepala Seksi Layanan Informatika Sleman saat membuka Bimtek Sudomain Website, Kamis (13/2/2020) di Laboratorium Komputer Dinas Kominfo Sleman.

“Bimtek hari ini akan ada 2 sesi, yang pertama bimbingan teknis pengelolaan website dan yang kedua sosialisasi PPID. Diharapkan para peserta bimtek dapat mengikuti dan mengimplementasikan kembali pada saat kembali ke instansi,” imbuh Dedy.

Sementara itu, Sosialisasi PPID disampaikan oleh Agastya Dedy Kusuma, Staf Seksi Pengelolaan Informasi Publik. Agas mengemukakan bahwa daftar informasi publik wajib ada di menu website OPD. Agas menambahkan bahwa kini sudah ada PPID Online yang dapat memudahkan masyarakat mengajukan permohonan informasi secara online.
Dalam kesempatan tersebut, admin yang hadir juga diberi kesempatan untuk melakukan update layanan terpadu kecamatan dan informasi publik.