Melalui sambungan virtual meeting, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Sleman melangsungkan rapat lanjutan rencana Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Gadjah Mada (UGM) di Smart Room Kantor Diskominfo Sleman, Rabu (14/4/2021). Rencana kerja sama terjalin ini bermula dari inisiasi Departemen Matematika UGM terkait literasi digital dengan Diskominfo Sleman.

Pada kesempatan tersebut, hadir Wakil Dekan Sub Bidang Penelitian Penelitian Pengabdian Masyarakat dan Kerja sama, Ketua dan Sekertaris Departement Matematika, Ketua dan Sekertaris Departemen Ilmu Komputer dan Elektronika, dan Kepala Unit Bidang Kerja sama FMIPA. Sementara itu, dari jajaran Diskominfo Sleman, hadir Kepala Diskominfo, Sekretaris Diskominfo, Kepala Bidang Informasi Komunikasi Publik, Kepala Bidang Layanan e-Goverment dan Persandian, Kepala Bidang Infrastruktur Teknologi Informasi dan Pengendalian Telekomunikasi, serta Kepala Sub Bagian Pengadaan Bagian Pemerintahan Pemkab Sleman.

Edi Suharyadi, Wakil Dekan FMIPA mengharapkan rencana kerja sama ini dapat berlangsung hingga tiga tahun yang disesuaikan dengan Tridharma Perguruan Tinggi antara Diskominfo dengan departemen Fisika, Kimia, Ilmu Komputer dan Elektronika, serta Matematika.

“Tridharma Perguruan Tinggi, ada pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Yang kalau MBKM itu lebih kepada bidang pendidikan. Kalau selama ini sudah dilakukan kegiatan-kegiatan bersama survei dan sejenisnya itu lebih kepada penelitian. Kalau pengabdian masyarakat nanti bisa kita bahas kembali yang arahnya lebih kepada pemberdayaan masyarakat,” jelas Edi.

Ketua Departemen Ilmu Komputer dan Elektronika, Anny Kartika Sari menambahkan bahwa kerja sama juga dapat berupa penelitian dan riset mengenai sistem informasi, smart city, analisis data, artificial intelligent, server security, kriptografi, dan lainnya yang relevan dengan tugas Diskominfo.

Eka Suryo Prihantoro, selaku Kepala Diskomfo Sleman menyambut positif rencana kerja sama ini sebagai bentuk implementasi payung hukum antara Bupati dan Rektor. Ia bahkan berharap adanya kolaborasi dalam pembuatan regulasi telekomunikasi bersama.

Sementara itu, Purwati, Sekretaris Diskominfo Sleman berharap Diskominfo Sleman dan UGM dapat saling belajar dari kerja sama yang terjalin.

“Dari hal-hal yang menjadi kewenangan dan tugas kami di Kominfo, tentunya kita akan menyelaraskan apakah ada fungsi atau penugasan yang bisa kita sambungkan dengan Tridharma di UGM khususnya FMIPA. Jadi bisa saling bertukar ilmu atau informasi tentunya tidak lepas dari kewenangan dan kompetensi masing-masing,” tambah Purwati.

Menindaklanjuti pemaparan kerja sama yang diberikan, Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfo Sleman, Noor Hidayati ZP mengharapkan adanya ruang lingkup kerja sama yang lebih mengerucut.

“Nanti kami dan bapak ibu menginventarisir, artinya ruang untuk kerja sama seperti apa. Tapi sebagai gambaran kalau di kita lebih pada penyediaan, pengolahan, pemanfaatan, penyebarluasan data dan informasi, kemudian pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta praktek kerja lapangan atau magang,” ungkapnya.

Untuk sementara, ruang lingkup kerja sama FMIPA UGM dengan Diskominfo Sleman yang tertuang dalam draf pengajuan kerja sama meliputi kegiatan survei, magang/PKL, pengembangan ilmu pengetahuan, dan pengembangan data. (Rep Afiqa)