Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sleman menerima kunjungan studi banding Forum Lembaga Komunikasi Masyarakat (FLKM) Kota Salatiga, Jawa Tengah di Aula Lt. III Sekretariat Daerah Kabupaten Sleman, Jumat (30/11/2018). Rombongan dari Salatiga dipimpin oleh Asisten Sekretaris Daerah Bidang Pemerintahan dan Pembangunan H. Daryadi. Peserta studi banding antara lain Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Kota Salatiga, Perangkat Kecamatan Tingkir, Kecamatan Argomulyo, Kecamatan Sidomukti, Kecamatan Sidorejo, FLKM Kecamatan Tingkir, FLKM Kecamatan Sidomukti, FLKM Kecamatan Argomulyo, serta FLKM Kecamatan Sidorejo yang berjumlah 80 orang.

Rombongan FLKM Kota Salatiga diterima oleh Asisten I Bidang pemerintah dan Kesejahteraan Pemerintah Kabupaten Sleman Purwatno Widodo, Sekretaris Dinas Komunikasi dan informatika Kabupaten Sleman Eka Suryo Prihantoro dan Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Kominfo Sleman Noor Hidayati Zakiyah Pramulani. Turut hadir menyambut tamu adalah Sekretaris KIM Gamping Adnan Iman Nurtjahjo dan ketua KIM Ngaglik H. Suripto.

Mewakili FLKM Salatiga, H. Daryadi dalam menyampaikan bahwa tujuan FLKM Salatiga ini untuk bersilaturahmi dan menimba ilmu mengenai Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) yang ada di Kabupaten Sleman. Menurut informasi yang didapatkannya KIM Kabupaten Sleman telah melakukan beberapa inovasi berkaitan program kerja pemberdayaan KIM dengan adanya lomba-lomba, buletin dan lain-lain.

Disampaikan juga KIM Salatiga baru dikukuhkan tahun 2018 ini dengan KIM Mutiara yang berada di Kelurahan Bugel sebagai pilot project, namun sebagai embrio sudah dibentuk FLKM yang tugas dan fungsinya hampir sama dengan KIM di bawah naungan Bagian Hubungan Masyarakat dan Protokol Pemerintah Kota (Pemkot) Salatiga. Untuk itu Pemkot Salatiga berencana merestrukturisasi kepengurusan dari FLKM menjadi KIM.

“Kami merasa harus belajar banyak mengenai proses pembentukan KIM kepada Pemerintah kabupaten Sleman yang sudah memiliki KIM dengan peraturan Bupatinya. Sehingga Pemkot Salatiga bisa menjalin kemitraan yang baik dan menciptakan masyarakat informasi yang berkualitas,” tutur H. Daryadi.

Dalam kesempatan ini Asisten I Sekda Sleman menyampaikan bahwa masing-masing daerah mempunyai karakteristik dan keunggulan masing-masing. Walaupun KIM di Kabupaten Sleman lebih dulu terbentuk bukan berarti lebih baik dibanding dengan Salatiga. “Kita bisa sampaikan informasi mengenai KIM di Kabupaten Sleman, begitu juga FLKM Kota Salatiga juga bisa menginformasikan mengenai FLKM sehingga bisa saling bertukar informasi untuk kebaikan yang dapat diterapkan di masing-masing daerah,” ucap Purwatno.

Diakhir acara Noor Hidayati ZP menanggapi beberapa pertanyaan berkaitan dengan KIM yang disampaikan oleh FLKM Kota Salatiga, dilanjutkan saling bertukar cinderamata dari Pemerintah Kota Salatiga dengan Pemerintah Kabupaten sleman. (Adnan Nurtjahjo/KIM Kec. Gamping)