Sleman – Untuk meningkatkan pelaksanaan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), Pemerintah Kabupaten Sleman bersama Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (PANRB) mengadakan Evaluasi SPBE di Kabupaten Sleman tahun 2021. Evaluasi dilakukan secara daring menggunakan aplikasi Zoom Meeting di Sleman Smartroom Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Sleman, Senin (6/9/2021) sore.

Evaluasi diikuti oleh Asisten Sekretaris Dareah Bidang Administrasi Umum Kabupaten Sleman Kunto Riyadi, Kepala Diskominfo Sleman Eka Suryo Prihantoro, dan Perwakilan Bidang e-Government Diskominfo Sleman.

Pada kesempatan tersebut, Kunto Riyadi menyampaikan bahwa SPBE di Kabupaten Sleman memiliki misi peningkatan pelayanan kepada masyarakat serta kinerja staff pemerintah. SPBE menurutnya dapat menciptakan tata kelola pemerintahan yang baik dengan dukungan teknologi untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Hal tersebut terkandung di beberapa peraturan yang telah diterbitkan Kabupaten Sleman.

Kunto memaparkan beberapa regulasi yang telah diterbitkan Pemkab Sleman terkait SPBE, diantaranya adalah Peraturan Bupati (Perbup) Sleman tahun 2018 tentang Masterplan Pengembangan Smart City Kabupaten Sleman 2017-2021, Perbup Sleman nomor 22 tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik, Perbup Sleman nomor 15 tahun 2018 tentang Integrasi Sistem Perencanaan dan Anggaran, dan Perbup Sleman nomor 37 tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Regulasi atau Akuntabilitas Kinerja Staff Pemerintah.

Selain itu, lanjut Kunto, Pemkab Sleman juga telah mengatur rencana perkembangan SPBE Kabupaten Sleman tahun 2019-2021, dengan telah mengembangan sistem di 48 OPD, 33 UPT, 69 Kalurahan, dan 20 Unit Layanan dan Institusi di Kabupaten Sleman.

“Saat ini kami juga telah memiliki dan membangun 85 sistem informasi manajemen yang terdiri dari 37 aplikasi pelayanan publik dan 48 aplikasi sistem layanan internal,” papar Kunto.

Sementara itu, Kepala Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Sleman, Anton Sujarwa mengungkapkan jika rencana dan anggaran SPBE di Kabupaten Sleman telah dikoordinasikan dengan pihak terkait.

“Rencana dan anggaran SPBE telah kami koordinasikan kepada unit pengelolaan TIK bersamaan pada saat koordinasi SPBE perangkat daerah kemudian setelah itu seluruh rencana dan anggaran SPBE telah terpadu, dikendalikan, direview, dievaluasi secara periode,” jelas Anton Sujarwa.

Anton juga menambahkan bahwa aplikasi sistem informasi yang dikeluarkan akan dikolaborasikan antara unit pengelola SPBE di kabupaten dan perangkat daerah lain.

“Kami disini melampirkan antara lain adalah surat anggaran untuk koordinasi aplikasi sistem informasi yang dikeluarkan oleh sekretaris daerah, kami mencoba ada kolaborasi antara unit pengelola SPBE di lain kabupaten dan perangkat daerah,” tutup Anton. (Rep Nikke/Rahayu)