Sleman – Program internet gratis padukuhan atau free wifi padukuhan yang merupakan salah satu program Pemerintah Kabupaten Sleman, secara bertahap terus dilanjutkan pengerjaannya. Tim Infrastruktur Teknologi Informasi dan Pengendalian Telekomunikasi (ITI-PT) Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Sleman pada Selasa (9/11/2021) telah merampungkan instalasi koneksi internet untuk Padukuhan Nganggring dan Ngandong, Kalurahan Girikerto, Kapanewon Turi.

Instalasi jaringan internet dilakukan melalui jangkauan nirkabel (wireless) terdekat, memanfaatkan perangkat yang telah terpasang di menara pemancar di Kantor Kapanewon Turi yang sebelumnya telah terkoneksi dengan jaringan internet Diskominfo Sleman.

“Jalur distribusi internet ke wilayah padukuhan Nganggring dan Ngandong menggunakan wireless, yang diambil melalui jalur internet di Kapanewon Turi sebagai sumber internet terdekat,” ujar Legino, staf ITI-PT Diskominfo Sleman.

Sementara itu, untuk penempatan pemancar free wifi padukuhan ini diletakkan pada fasilitas ruang publik seperti Pasar Nganggring dan pos ronda Ngandong agar dapat diakses dan dimanfaatkan dengan mudah oleh masyarakat.