Sleman – Sebagai bentuk dukungan terhadap kegiatan pramuka di Kabupaten Sleman, Saka Kominfo Sleman ikut berperan sebagai narasumber dalam kegiatan Pramuka Sistem Blok SMA Negeri 2 Sleman, Selasa (13/7/2021).

Dalam kegiatan tersebut, perwakilan Saka Kominfo Sleman memberikan bimbingan teknis mengenai jurnalistik, sebagai upaya peningkatan pengetahuan akan pentingnya keterampilan berkomunikasi, terutama di bidang penulisan berita.

Kegiatan ini diadakan secara daring menggunakan aplikasi Zoom Meeting dan diikuti oleh seluruh siswa-siswi kelas IX SMA Negeri 2 Sleman.

Satyo Indarlaksono selaku Koordinator Bidang Pers, Media, dan Informasi Saka Kominfo Sleman menyampaikan materi tentang jurnalistik dan memberikan pengetahuan dasar dalam menulis berita.

“Unsur 5W+1H (what,when,where,who,why+how) merupakan unsur penting didalam membuat sebuah berita,” jelasnya.

Satyo juga menambahkan, dalam struktur penulisan berita,bagian lead in (teras berita) harus dapat mencakup sebagian besar informasi berita yang akan ditulis, dan kemudian diperjelas pada bagian isi berita.

Pada kegiatan ini, Aris Novita sebagai Ketua Saka Kominfo Sleman juga memberikan materi singkat mengenai Saka Kominfo Sleman, dan menginformasikan tentang adanya lomba foto yang diadakan oleh Saka Kominfo Sleman.

Lomba foto ini diadakan secara gratis dengan mengusung tema “Karena di Sleman semua menjadi teman” dan dapat diikuti oleh seluruh siswa SMA sederajat di Kabupaten Sleman. (Rep Satyo)