Sleman – Sebagai upaya untuk meningkatkan kapasitas pendataan dan statistik, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Sleman mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyelenggaraan Survei Statistik Sektoral Melalui Media Online, Selasa (10/8/2021).

Kegiatan yang diikuti oleh Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Dinas Kominfo Sleman ini digelar di Laboratorium Komputer Diskominfo Sleman, dan dibimbing langsung oleh Sub Koordinator Diseminasi dan Layanan Statistik Badan Pusat Statistik (BPS) DIY Buhari Muslim.

Pada bimtek, Buhari menjelaskan terkait aplikasi rekomendasi statistik yang dilakukan untuk merencanakan kegiatan statistik yang dimulai dari menentukan tujuan dan melakukan pendekatan Generic Statistic Bussiness Process Model (GSBPM)

“Melakukan perencaaan kegiatan statistik mulai dari menentukan tujuan dan agar sistematis mungkin nanti kita akan melakukan pendekatan Generic Statistic Bussiness Process Model (GSBPM)”, jelas Buhari.

Buhari menyarankan untuk survei data perlu difokuskan pada suatu titik tertentu yang disesuaikan dengan kebutuhan.

“Survei dilakukan sesuai dengan kebutuhan, misalnya sesuai yang diminta oleh pusat, setelah itu baru improvisasi. Karena kalau kemauan kita semakin banyak, maka tidak terfokus, tidak prioritas. Jadi ada data kualitas,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Data Statistik Bidang IKP Dinas Kominfo Sleman, Emmy Wulan mengungkapkan Dinas Kominfo Sleman akan melakukan survei secara online, dengan objek dan tema yang bergantian sehingga mampu menghasilkan data yang beragam.

“Survei ini bisa dilakukan secara terus-menerus bergantian objeknya atau temanya, agar nantinya kita dapat data yang bervariasi yang dapat kita jadikan salah satu gambaran tentang situasi yang terjadi pada saat tertentu, untuk pengambilan keputusan dan sebagai informasi kepada masyarakat,” ujar Emmy Wulan. (Rep Nikke)