Sleman – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Sleman kembali menerima kunjungan studi banding dari daerah lain. Kali ini, Diskominfo Sleman menerima kunjungan dari Diskominfo Samarinda di Sleman Smart Room, Rabu (17/11/2021).

Munawaroh, Kepala Bidang Teknologi Komunikasi dan Informatika (TIK) Diskominfo Samarinda mengatakan bahwa maksud kunjungannya bersama tim adalah untuk mengetahui lebih dalam tentang bagaimana Diskominfo Sleman menjalankan tugas pokok utama, seperti menajemen data center, jaringan internet, serta teknologi informasi.

“Kurangnya Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi salah satu kendala Diskominfo Samarinda dalam memaksimalkan pengelolaan data center. Dalam menangani data center sudah mandiri, tapi untuk fiber optic (FO) jaringan masih memakai pihak ketiga,” ungkap Munawaroh.

Selain itu, pemanfaatan dan pemeliharaan closed-circuit television (CCTV) dan jaringan internet juga menjadi hal yang dikulik oleh Munawaroh.

Dengan kunjungan ini, Munawaroh berharap ke depannya, Diskominfo Samarinda dapat lebih baik dalam mengelola dan memanfaatkan TIK untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Edi Haryanto, Kepala Seksi Pengelolaan Pusat Data Diskominfo Sleman menjabarkan beberapa hal yang dilakukan oleh Diskominfo Sleman dalam mengelola data center dan jaringan internet yang digunakan.

“Salah satu provider (jaringan) yang digunakan Diskominfo Sleman masih provider lokal, seperti Jogja Media net,” ungkap Edi.

Sementara itu, Eka Suryo Prihantoro, Kepala Diskominfo Sleman berharap apa yang disampaikan oleh Diskominfo Sleman dapat dimanfaatkan Diskominfo Samarinda untuk menjadi lebih baik ke depannya. (Rep Tsalsa)