Penyebaran informasi merupakan elemen penting dalam kerangka hubungan masyarakat dan pemerintah. Dalam hal ini Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) mempunyai posisi strategis sebagai produsen berita dan penyampai pesan, tidak hanya kegiatan yang bersifat struktural pemerintahan tapi juga tentang aspirasi, ide, pemberdayaan, dan apa yang terjadi di masyarakat.

Berikut disampaikan Purwati, Sekretaris Dinas Kominfo Sleman di sela-sela membuka rapat koordinasi kegiatan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) tahun 2019, Kamis (7/2/2019) di Sleman Smart Room. Mengundang seluruh pegiat KIM dan Camat di Kabupaten Sleman, dalam pertemuan tersebut Purwati menegaskan pentingnya kerjasama antara KIM dengan pemerintah.

“Kami dari Kominfo sangat berterimakasih untuk peran serta KIM karena KIM merupakan bentuk kerjasama yang baik antara masyarakat dengan pemerintah. Pemerintah tentunya tidak bisa berhasil tanpa dukungan masyarakat. Dengan adanya KIM, masyarakat akan dapat lebih mudah dalam mencari informasi sehingga informasi yang didapatkan bisa lebih cepat,” kata Purwati.

KIM pun diakui Purwati telah melebarkan peranannya, tak hanya menjadi media informasi tetapi juga media belajar masyarakat. “Dengan KIM ini, kita memperbanyak generasi nusa untuk jadi wartawan-wartawan kecil sehingga gadget itu ada manfaat baiknya.

Dengan KIM kita juga bisa melibatkan mereka, tidak hanya sekadar menyebarkan informasi tapi juga tempat belajar,” lanjutnya.

Karenanya, Purwati mengatakan Dinas Kominfo selaku pengampu kegiatan KIM, berkomitmen untuk mendukung keberadaan KIM yang ada di Kabupaten Sleman.

“Jadi di 2018 kelembagaan KIM telah kita kebut meskipun masih ada kecamatan yang belum membentuk seperti Pakem dan Prambanan. Nah, di tahun ini kami targetkan pengukuhan KIM di dua kecamatan tersebut,” tambah Purwati.