Sleman – Untuk mengoptimalkan pelayanan informasi berupa berita kepada publik melalui website, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Sleman menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pelatihan Penulisan Berita, Kamis (12/8/2021). Bimtek yang diselenggarakan di Laboratorium Komputer Diskominfo Sleman ini diikuti oleh pengelola website dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Sleman.

Editor Media Center Kabupaten Sleman, Muhammad Faridz Maulana memberikan langsung materi berupa tata cara penulisan berita yang benar sesuai dengan kaidah jurnalistik. Dalam penyampaiannya, Faridz membahas mengenai dasar-dasar berita berupa pengertian, nilai, dan struktur pembuatan berita.

Selain itu, Faridz juga menekankan bahwa sebuah berita harus mempunyai sumber yang jelas, untuk meminimalisir terjadinya misinformasi ataupun hoaks.

“Standar berita di website Satpol PP sudah pas, ada 5W+1H. Namun ada beberapa yang tidak mencantumkan sumber berita maupun narasumbernya,” ujar Faridz sambil melakukan crosscheck terhadap berita yang ditampilkan di website resmi Satpol PP Kabupaten Sleman.

Ia juga menambahkan, untuk seorang penulis berita harus dapat memposisikan dirinya sebagai pembaca agar berita yang ditulis dapat dipahami oleh para pembaca nantinya.

“Kalau kita udah paham dengan berita kita, kemungkinan nanti para pembaca juga paham. Jadi kita ubah mindset kita, karena mindset penulis dan mindset pembaca itu beda. Kita harus pakai mindset pembaca juga dalam menulis,” tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut, Faridz juga menganalisis langsung beberapa berita yang telah dibuat oleh kontributor dari Satpol PP Kabupaten Sleman, serta memberikan arahan penulisan yang benar dan foto yang sesuai untuk digunakan sebagai penjelas berita. (Rep Nikke)