Sleman – Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo memasukkan program fasilitasi internet gratis di semua padukuhan dalam program kerjanya. Bupati yang baru dilantik 26 Februari ini memancang visi terwujudnya masyarakat Sleman yang cerdas, sejahtera, berdaya saing, menghargai perbedaan, dan memiliki jiwa gotong royong, dan salah satu misinya adalah membangun sarana dan prasarana yang memadai untuk mendukung terwujudnya kabupaten cerdas. Wifi internet gratis di 1.212 padukuhan pun manjadi salah satu program untuk mewujudkan visi dan misi itu.

“Saat ini internet gratis sudah ada di semua kalurahan. (Sedangkan untuk yang tingkat padukuhan ini), kami prioritaskan yang belum ada dulu, yang (daerah) pinggir-pinggir kurang maksimal. Semua dimanfaatkan untuk kemajuan pendidikan, ekonomi, dan sebagainya,” ujar Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo saat jumpa pers di Pendopo Kabupaten Sleman, Kamis (25/3/2021).

Menurut Kustini, pemasangan wifi internet gratis ini dijadikan salah satu program utama karena banyak aspirasi masyarakat yang meminta hal tersebut melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sleman. Kustini juga menekankan bahwa pemasangan wifi ini nantinya harus sudah ada izin dari dukuh dan lurah setempat. “Ini supaya fasilitasi tersebut terjaga keamanannya,” jelasnya.

Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa yang ikut menghadiri jumpa pers ini menambahi bahwa nantinya ada kriteria lebih lanjut padukuhan mana yang dipasangi wifi lebih dulu. “Yang pertama wifi ini akan dipasang di tempat umum, bukan di rumah pribadi. Tempat umum itu area publik, pusat kegiatan masyarakat, dan lokasinya mudah dijangkau masyarakat,” jelas Danang.

Dalam jumpa pers tersebut, Kustini dan Danang juga menanggapi pertanyaan jurnalis tentang surplus beras di Kabupaten Sleman. “Kita dorong masyarakat Sleman untuk borong bareng produk Sleman termasuk beras. Warga Sleman kita harapkan beli beras (hasil produksi) Kabupaten Sleman,” ujar Kustini.