Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Sleman menerima kunjungan kerja Bupati di Sleman Smart Room Diskominfo Sleman, Senin (19/4/2021).

Kunjungan yang dipimpin langsung oleh Bupati dan Wakil Bupati Sleman, beserta Asisten Sekretaris Daerah Bidang Administrasi Umum, Kepala Subbagian Akuntabilitas Kinerja dan Pelayanan Publik Pemkab Sleman tersebut diterima oleh Kepala Diskominfo Sleman, dengan didampingi Sekretaris Diskominfo Sleman beserta jajaran struktural organisasi lainnya.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Diskominfo Sleman, Eka Suryo Prihantoro, menjelaskan beberapa ketugasan Diskominfo diantaranya pengelolaan media publikasi, infrastruktur dan konektivitas, data center dan free Wifi, layanan aduan, critical system, cyber-attack, pengembangan sistem aplikasi, dan permohonan informasi.

Diantara ketugasan tersebut, pemasangan Free Wifi bagi masyarakat menjadi pokok diskusi dalam pertemuan kali ini.

Eka Suryo menuturkan bahwa terkait Free Wifi, Fiber Optik (FO) telah tersambung ke seluruh Perangkat Daerah dan semua Kapanewon Kalurahan. Sampai saat ini, pengadaan Free Wifi di Sleman telah mencapai 439 titik, baik di kantor kapanewon atau kecamatan hingga pasar tradisional.

Jumlah pengadaan layanan Wifi disejumlah titik ini harapannya terus bertambah seiring tahun. Guna mewujudkan rencana ini, strategi teknis implementasi Free Wifi ini dilakukakan dengan berlangganan internet ke provider dan membangun infrastruktur online. Namun sayangnya, perihal perizinan sering mengalami kendala.

“Kedepannya, Free Wifi pada 1212 padukuhan direncanakan selesai akhir 2023. Tahun ini sebenarnya anggaran murni itu ada 90 lokasi. 70 lokasi dari langganan provider yang sudah punya FO di dekat padukuhan, dan 20 lokasi yang tidak tersedia FO oleh provider. Terkait pembangunan FO, terkadang kami terkendala perizinan dengan warga dan balai perizinan nasional,” tutur Eka.

Atas rencana penambahan titik Free Wifi, Eka turut berharap adanya peningkatan layanan pengaduan untuk Free Wifi. Pasalnya, dengan jumlah Free Wifi yang banyak biasanya jumlah pengaduan akan meningkat.

Menanggapi rencana Diskominfo ini, Kustini Sri Purnomo, selaku Bupati Sleman menekankan pemberian layanan dengan mengutamakan masyarakat yang membutuhkan.

“Pasang Wifi-nya diprioritaskan pada daerah pinggir-pinggir dulu. Harapannya nanti semua padukuhan ada akses ini. Jadi benar-benar menyasar masyarakat yang membutuhkan,” jelas Kustini.

Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa turut berharap dalam pemasangan Free Wifi di lapangan nantinya terdapat semacam surat keterangan dari dukuh atau lurah setempat yang menyatakan diizinkannya pemasangan internet gratis di tempat tersebut. Dengan adanya kesepakatan dari pihak-pihak terkait, apabila kedepannya terdapat masalah dapat terminimalisir.

Lebih lanjut, Danang berpesan kepada Diskominfo untuk mengkaji upaya perawatan Free Wifi. Pasalnya, perawatan menjadi hal yang penting setelah dilakukannya pemasangan di masyarakat.

“Setelah nanti internet ini terpasang secara berkala, terus tentang perawatannya seperti apa. Karena pasti lama-kelamaan karena ini fasilitas publik atau umum pasti nanti di perjalanan ada kendala. Apakah ini sudah dipikirkan Kominfo, kalau belum mulai di planning. Sehingga kalau nanti sudah dipasang ada permasalahan dapat teratasi,” ungkapnya.

Kunjungan ini diakhiri dengan berkeliling ke ruangan-ruangan di Kantor Diskominfo. Kepala Diskominfo dan Sekretaris Diskominfo mengajak Bupati dan Wakil Bupati mengunjungi beberapa ruangan seperti Lab pelatihan, data center, ruang pengelolaan e-government, dan lainnya. (Rep Afiqa)