Sleman – Mengembangkan branding Kabupaten Sleman di kalangan masyarakat luas terus digencarkan melalui berbagai cara, salah satunya Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sleman mengadakan lomba vlog bertema Sleman Smart Regency yang dimulai dari tanggal 13-26 Mei 2019 lalu.

“Pengadaan perlombaan vlog ini selaras dengan visi bupati Sleman yakni menciptakan Sleman yang  Smart Regency, dan ini merupakan salah satu pilar smart regency yaitu smart branding,” ujar Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Sleman, Eka Surya Prihantoro saat pengumuman pemenang lomba vlog di ruang Sleman Smartroom, Dinas Kominfo, Sleman, Jumat (31/05/2019).

Lomba vlog menjadi salah satu upaya Pemkab Sleman mengenalkan visinya yakni Sleman Smart Regency Tahun 2021, sekaligus memberikan kesempatan pada masyarakat untuk mengambil peran berpartisipasi dalam mem-branding Sleman.

Susilo Dwi Murwanto dan Dony Ignazio dari komunitas Sleman Creative Community yang ditunjuk sebagai juri lomba memberikan beberapa masukan penting terhadap karya para peserta.

“Dari tema itu cukup berat, yang mungkin masyarakat juga baru kenal dengan Sleman Smart Regency. Karena dari hasil survei, dikiranya Sleman Smart Regency itu kompleks perumahan. Jadi waktu promo lomba memang kita minta untuk disertakan referensi untuk belajar (mengenai smart regency),” ujar Susilo Dwi Murwanto.

Susilo menambahkan di samping tema, secara teknis yang dinilai dalam lomba vlog adalah eksekusi karyanya juga harus kuat, informasinya jelas sesuai  dengan tema, dan tekniknya juga bagus. “Kemudian yang juga harus menjadi bahan penilaian ialah tidak boleh meninggalkan gaya vlog. Gaya vlog itu gaya penuturan itu sudah cukup khas, berbeda dengan gaya reportasenya televisi atau gaya kepenyiaran di televisi,” tutur Ketua Sleman Creative Community ini.

Pemenang Lomba Vlog “Sleman Smart Regency” ini adalah Juara 1 diraih oleh Ailsarisqiani dengan vlog berjudul Menjadi Generasi Sleman yang Smart. Disusul juara 2 oleh Ubed Lubis dengan vlognya yang berjudul Nyaman dalam Sleman. Dan juara tiga diraih oleh Yofa Lestari dengan vlog yang berjudul Sleman yang Mandiri dan Berdaya Saing.

Selanjutnya Juara Harapan 1 diraih oleh Victoria Maharani berjudul Kopi Merapi Cita Rasa Sejati. Juara Harapan 2 diraih oleh Isti Rahayu dengan judul “Aja Lali Nganggo E-Library. Terakhir Juara Harapan 3 diraih oleh Galuh Amenta dengan judul Mudahnya Dolan Sleman Pakai Amazing Sleman. (Rep Bilqis)