Sleman – Bergabungnya Layanan BPJS Kesehatan Cabang Sleman dalam Mal Pelayanan Publik Sleman diharapkan semakin mempermudah masyarakat.

“Pada saat peluncuran Mal Pelayanan Publik Sleman tanggal 15 Mei lalu, BPJS Cabang Sleman memang diamanahi oleh pemerintah kabupaten Sleman untuk bergabung, bersama-sama bersinergi memberikan pelayanan smart kepada masyarakat yang diwadahi dalam Mal Pelayanan Publik,” ujar Wahyu Prabowo, Kepala Bidang Perluasan Peserta dan Kepatuhan BPJS Cabang Sleman saat memberikan sosialisasi layanan BPJS kepada Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di Puri Mataram, Desa Tridadi, Kecamatan Sleman, Kabupaten Sleman, Kamis (23/5/2019).

Wahyu menyatakan senang dengan sosialisasi yang difasilitasi oleh DInas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sleman ini. “Bisa diagendakan lebih lanjut sosialisasi seperti ini, karena kami sangat terbuka kepada masyarakat mengenai pelayanan BPJS,” aku Wahyu.

Lebih lanjut Wahyu menjelaskan pelayanan BPJS di Mal Pelayanan Publik tidak mencakup semua jenis pelayanan. Saat ini ada empat jenis pelayanan BPJS di Mal Pelayanan Publik. Keempat jenis pelayanan itu adalah pemberian informasi, pendaftaran peserta Peserta Bukan Penerima Upah atau peserta mandiri, registrasi badan usaha, dan yang terakhir ialah perubahan data-data seperti pindah akses, alamat, kelas, dan lain sebagainya.

Untuk registrasi badan usaha, menurut Wahyu Prabowo ini sudah disingkronkan dengan Pemerintah Kabupaten Sleman melalui Online Single Submission, jadi ketika peserta sudah mendaftarkan izin usaha nanti otomatis akan mendapatkan koneksi ke layanan BPJS.

Saat ini di Mal Pelayanan Publik Sleman tersedia 21 loket pelayanan dari 14 instansi baik perangkat daerah maupun instansi vertikal, BUMD, BUMN, lembaga perbankan dan swasta. Pelayanan di Mal Pelayanan Publik mengedepankan prinsip keterpaduan, berdayaguna, koordinasi, akuntabilitas, aksesibilitas, kenyamanan, dan bebas dari pungutan liar.(Rep Bilqis)