Sebagai langkah tindak lanjut dari Perpres Nomor 4 Tahun 2015 tentang Perubahan Keempat atas Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2010 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah serta dalam rangka melaksanakan fungsi penyelenggaraan layanan pelatihan dan dukungan teknis pengoperasian SPSE, maka pada tanggal 22 Februari 2017 UPT LPSE menyelenggarakan sosialisasi dan bimbingan teknis operasional Aplikasi SPSE versi 4. Bimtek kali ini diperuntukkan bagi Pejabat Fungsional Pengelola Pengadaan Barang/Jasa di Bagian Layanan Pengadaan (BLP) Setda dan dilaksanakan di Ruang Rapat Setda B Lantai II Gedung Sekretariat Daerah.

Aplikasi SPSE versi 4 yang sudah mulai diterapkan pada tahun 2014 merupakan pengembangan dari versi sebelumnya yaitu versi 3.6. Beberapa keunggulan dari aplikasi versi terbaru adalah kemudahan dalam pembuatan dokumen lelang yang sudah terintegrasi di dalam sistem, kemudahan penggunaan Apendo baik untuk penyedia maupun pokja, serta terdapat fitur lelang cepat untuk mendukung pelaksanaan Inpres Nomor 1 Tahun 2015 tentang Percepatan Pelaksanaan Pengadaan  Barang/Jasa Pemerintah.

Bimtek yang dipandu langsung oleh Tim LPSE diawali dengan paparan sosialisasi mengenai Inpres Nomor 1 Tahun 2015 dan Perpres Nomor 4 Tahun 2015 yang pada intinya adalah untuk mempercepat pelaksanaan pengadaan melalui E-procurement dan optimalisasi penggunaan E-Procurement. Beberapa hal penting yang disampaikan antara lain adalah:

  1. Menyelesaiakan RUP Tahun Anggaran berikutnya sebelum berakhirnya Tahun Anggaran berjalan
  2. Rencana Umum Pengadaan (RUP) segera diumumkan setelah RAPBD disepakati bersama Kepala Daerah dan DPRD yang dibiayai dari dana APBD
  3. Melaksanakan seluruh PBJP melalui Sistem Pengadaan Secara Elektronik (E-procurement)
  4. K/L/D/I wajib melakukan E-Purchasing terhadap barang/jasa dalam Katalog Elektronik sesuai dengan kebutuhan KLDI
  5. E-Purchasing dilaksanakan oleh Pejabat Pengadaan/PPK atau pejabat yang ditetapkan oleh Pimpinan Instansi/Institusi

Sesi selanjutnya diisi dengan Simulasi E-Tendering SPSE versi 4 dimana bersama-sama dengan pokja latihan membuat paket sampai dengan evaluasi penawaran dan pengumuman pemenang. Disamping itu juga latihan penggunaan Apendo versi 4 yaitu Apendo khusus untuk SPSE versi 4. Dikenalkan juga fitur lelang cepat kepada Pokja.