Guna peningkatan pelayanan kesehatan bagi masyarakat akan ketersediaan obat, Kementerian Kesehatan dan LKPP mulai tahun 2018 memberikan fasilitas pembelian obat bagi fasilitas kesehatan (faskes) swasta peserta JKN melalui e-purchasing. Selain itu, penggunaan e-katalog ini juga untuk meningkatkan efektivitas, efisiensi, transparansi, dan kesetaraan dalam proses pengadaan obat.

Seiring dengan hal tersebut, pada hari Rabu, 9 Mei 2018, UPT LPSE menyelenggarakan pelatihan/bimtek SIRUP dan e-purchasing bagi beberapa fasilitas kesehatan (faskes) swasta peserta JKN yang ada di wilayah Kabupaten Sleman. Pada bimtek yang dilaksanakan di lantai 2 Dinas Kominfo ini diikuti oleh 10 faskes swasta yang terdiri dari Apotek dan Rumah Sakit.

Bimtek diawali dengan paparan mengenai kebijakan yang terkait dengan e-purchasing, SIRUP, dan SPSE. Selanjutnya kegiatan bimtek diikuti dengan praktik langsung oleh peserta mengenai tata cara penggunaan aplikasi SIRUP dan E-katalog. Bimtek dipandu langsung oleh tim trainer/tim teknis di UPT LPSE. Melalui bimtek ini diharapkan peserta dari fasilitas kesehatan (faskes) swasta peserta JKN selanjutnya dapat melaksanakan pembelian obat melalui e-purchasing.