Teknologi memiliki peran krusial pada proses bekerja dan belajar. Melihat hal tersebut Pemerintah Desa Umbulharjo menginisiasi sebuah kegiatan guna meningkatkan pengetahuan teknologi bagi warga Umbulharjo.

Inisiasi tersebut diwujudkan Pemdes Umbulharjo dengan mengundang Dinas Kominfo sebagai salah satu narasumber dalam kegiatan pelatihan komputer bagi guru paud dan karangtaruna, Selasa (24/4) hingga Kamis (26/4) bertempat di Aula Desa Umbulharjo.

Dinas Kominfo Sleman tidak sendiri dalam memberikan pelatihan. Dibantu oleh Universitas Amikom, pelatihan memaparkan materi terkait Microsoft word, excel, power point, pun internet sehat.

Misman, Kepala Seksi Pelayanan Desa Umbulharjo mengatakan, bahwa pelatihan ini bertujuan agar warganya bisa mengikuti perkembangan teknologi saat ini.

“Baik Guru PAUD atau lembaga lain untuk membuat laporan kegiatan pasti menggunakan komputer, walaupun dengan keterbatasan, mereka harus bisa memenuhi kebutuhan masing-masing,” kata Misman.

Misman mengakui masih banyak warganya yang belum familiar dengan komputer dan cara mengakses informasi yang berkembang saat ini, maka Desa bertekad akan mengadakan kegiatan seperti ini rutin setiap tahun agar pengetahuan warganya bisa merata.

“Antusias para peserta sangat besar dari hari pertama sampai terakhir, kedepannya setiap tahun kita adakan sesuai dengan kemampuan Desa” tambah Misman.

Dwi, salah satu perwakilan kader paud yg ikut sebagai peserta pelatihan, membenarkan bahwa kegiatan laporan PAUD sekarang berhubungan dengan komputer.

“Sekarang  tetap berhubungan dengan komputer untuk membuat laporan, jadi mau tidak mau kita harus belajar” kata Dwi.

Namun demikian, Dwi merasa tiga hari pelatihan masih belum cukup. Oleh karena itu, ke depan ia berharap pelatihan semacam ini bisa terus terselenggara sehingga perkembangan teknologi bukan lagi menjadi tantangan baginya.