Kemampuan teknologi dalam menyampaikan informasi secara cepat, tepat, dan akurat dibutuhkan oleh banyak kalangan, tidak terkecuali dalam dunia pendidikan.

Terkait dengan hal tersebut Dinas Pendidikan Sleman bekerjasama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinas Kominfo) Sleman menyelenggarakan Workshop Penyusunan Bank Soal Online di Hotel Crystal Lotus, Selasa (24/9/2019).

Kegiatan ini diikuti oleh 48 peserta dari MGMP SMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran). Workshop ini merupakan langkah awal dalam mengembangkan aplikasi pembelajaran mandiri yang dapat dimanfaatkan seluruh peserta didik tingkat SD dan SMP di Kabupaten Sleman.

Dalam kesempatan tersebut, Wimbo Budi Prasojo, S.Kom, M.Eng, Kepala Bidang layanan e-Government dan Persandian Dinas Kominfo Sleman menyampaikan materi tentang Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pendidikan.

Menurut Wimbo, bank soal ini nantinya dapat digunakan oleh guru untuk membuat paket soal berupa latihan atau ujian secara online yang dapat diakses di mana saja, dengan alat apa saja, dan waktunya sesuai guru dalam mengatur waktu ujian.

Narasumber kedua, M. Arkhan Herawan, Staf Dinas Kominfo Sleman menjelaskan tentang alur sistem dan cara penyusunan bank soal online.

Dalam workshop ini, peserta juga dapat berlatih menyusun bank soal dengan dipandu oleh narasumber.