Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Sleman menerima kunjungan dari SD N Jatisari pada Kamis (31/10/2019). Kunjungan ini dilaksanakan dalam rangka pengenalan kepada anak-anak tentang teknologi informasi dan bagaimana pemanfaatannya. Rombongan dari SD N Jatisari yang berjumlah 50 orang ini disambut langsung oleh Eka Suryo Prihantoro, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Sleman.

“Karena teknologi itu banyak sekali manfaatnya, nanti kalau ada yang tidak paham ditanyakan saja, jangan takut. Jadikan kesempatan ini sebagai bekal dan pembelajaran untuk kita semua,” ungkap Eka ketika menyambut rombongan di Sleman Smart Room Diskominfo Kabupaten Sleman.

Dalam kunjungan ini, para siswa dikenalkan tentang pemanfaatan teknologi informasi, contohnya teleconference. Anak-anak diajarkan untuk melakukan teleconference melalui aplikasi Skype.

Berikutnya, anak-anak diperlihatkan bagaimana video dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran. Anak-anak disajikan video mengenai bahaya perundungan, yang sangat sering terjadi di lingkungan mereka.

“Jadi ini video bisa dijadikan sebagai pembelajaran bagi kita, ternyata bully itu bahaya. Jangan di contoh ya,” tutur Edi Haryanto, Kepala Seksi Pengelolaan Pusat Data Dinas Kominfo Sleman yang memandu anak-anak dalam mempelajari teknologi informasi.

Anak-anak kemudian belajar bagaimana penggunaan efek 3D dalam pembuatan film, dengan menggunakan green screen. Mereka juga diajak untuk menikmati bagaimana pembuatan efek 3D secara sederhana dengan menggunakan aplikasi Face Rig.

Tidak ketinggalan, anak-anak SD Jatisari pun diberi kesempatan untuk menjadi reporter dadakan. Mereka diajak untuk mencoba langsung bagaimana rasanya menjadi reporter yang melakukan reportase mengenai kondisi lalu lintas di daerah Sleman ini, dengan bantuan sistem CCTV yang tersebar di berbagi titik wilayah Sleman.

Selama rangkaian acara, antusiasme yang tinggi diperlihatkan siswa SD N Jatisari. Rois, salah satu siswa menyampaikan semangatnya ketika mengikuti acara ini, “Senang sekali, dari kemarin tidak sabar untuk kesini,” jawab Rois ke Sekretaris Dinas Kominfo Sleman, Purwati ketika ditanyakan kesannya mengikuti acara tersebut.

Purwati sendiri berharap dengan kehadiran para siswa ini, mereka bisa lebih mengenal dan memahami pemanfaatan teknologi informasi. “Kita bisa memanfaatkan teknologi itu untuk banyak hal, jangan hanya untuk game saja. Bener kan yang pak guru?” ujar Purwati yang dijawab dengan anggukan oleh guru yang mendampingi para siswa.

Purwati juga menyampaikan agar acara ini menjadi pembelajaran untuk semuanya. “Semoga ini bisa menambah pengalaman untuk kita semua,” tutupnya. (Rep Faridz)