Dinas Kominfo Sleman melalui seksi persandian menyelenggarakan sosialisasi keamanan informasi bagi admin website OPD, Rabu (3/7/2019) di Sleman Smart Room Dinas Kominfo.

Wahyu Bimo, selaku narasumber menyampaikan dalam paparannya bahwa keamanan sistem informasi harus berjalan seimbang, “keamanan informasi dibagi menjadi tiga bagian yaitu keamanan hardware dan jaringan, keamanan software, dan keamanan pengguna harus berjalan seimbang dan harus dipastikan aman setiap saat.

Peserta sosialisasi merupakan admin subdomain website OPD sehingga lebih diperdalam pengetahuan tentang keamanan dari sisi pengguna. Meskipun dari Dinas Kominfo sudah terdapat tim teknis untuk mengatasi serangan keamanan tentunya ada peran dari admin instansi yang turut menjaga sistem tersebut.

Peserta sangat antusias dengan informasi yang disampaikan, terdapat beberapa pertanyaan yang diajukan perihal permasalahan yang sering terjadi di website subdomain sleman, langkah pencegahan, serta jalur prosedural dalam menyampaikan permasalahan tersebut.

Berbagai langkah pencegahan juga disampaikan ke peserta agar lebih berhati-hati dalam melakukan instalasi tema pada website yang dikelola.