Sleman – Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sleman mengadakan Workshop Pengelolaan SP4N Lapor. Workshop yang diadakan pada hari Selasa (10/3/2020) hingga Rabu (11/3/2020) di Ruang Laboratorium Komputer Lantai 3 Dinas Kominfo Kabupaten Sleman ini guna meningkatkan pengetahuan petugas administrasi seluruh perangkat daerah dan BUMD (PDAM) di lingkungan Kabupaten Sleman terkait pengelolaan SP4N-Lapor.

Workshop ini mengundang Resty Adelia selaku Analis Pengaduan Masyarakat Kementerian PAN-RB sebagai narasumber.

Terkait dengan pengelolaan SP4N-Lapor, Resty mengatakan bahwa dengan adanya SP4N-Lapor ini petugas administrasi dapat dengan cepat, tepat, dan terkoordinasi dalam mengelola aduan.

Dalam pemaparannya Resty juga mengatakan bahwa dalam pengelolaan SP4N-Lapor terkait penyelesaian aduan dapat dijalankan sesuai dengan peraturan perundang–undangan yang ada. “Jadi SP4N-Lapor ini diharapkan untuk mendukung apa yang sudah diamanahkan Undang– Undang nomor 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik yaitu laporan itu diselesaikan dengan mudah, tuntas, dan terpadu,” imbuhnya.

Dikatakan Resty, petugas administrasi yang berada pada masing–masing perangkat daerah itu adalah sebagai pejabat penghubung yang tugasnya adalah untuk menindaklanjuti pengaduan dan memberikan respon melalui SP4N-Lapor.

Resti menambahkan, setelah menerima laporan pengaduan, pejabat penghubung harus memverifikasi aduan yang masuk dengan melihat unsur 5W+1H dari aduan yang masuk.

“Memastikan kebenaran substansi serta kelengkapan data dan informasi. Jadi memverifikasi ini bahwa kita memverifikasi laporan itu tidak hanya untuk melihat substansi dan kelengkapan data atau informasi laporannya saja, tetapi kita juga harus memastikan siapa pengadunya, apa yang diadukan, bagaimana kronologinya, pihak terlibat siapa saja, di mana kejadiannya dan apa kerugiannya, dan mungkin unsur 5W+1H itu penting,” jelasnya. (Rep Naci)